Hubungan Antara Citra Merek Laptop dengan Minat Membeli

NOVIANTI , KARTIKA (2009) Hubungan Antara Citra Merek Laptop dengan Minat Membeli. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100050160.pdf

Download (38kB)
[img] PDF
F100050160.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)

Abstract

Fenomena yang ada saat ini adalah adanya permintaan yang tinggi dari konsumen terhadap produk laptop. Hal ini dapat dilihat dari contoh penjualan di beberapa toko yang menjual laptop di Surakarta tiap hari dapat menjual 6 sampai 10 unit laptop untuk merek terkenal, misalnya Acer, Toshiba, dan Dell padahal sebelum banyak peminatnya tiap hari hanya terjual 3 sampai 5 unit laptop saja. Di sisi lain, penjualan laptop untuk merek yang kurang terkenal penjualannya menurun seperti Zirex, Asus, dan Advance. Permintaan konsumen terhadap laptop merek kurang terkenal sedikit, hal tersebut menunjukkan minat membeli laptop untuk merek tertentu rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya minat membeli laptop rendah yaitu citra merek laptop. Citra merek produk barang atau jasa akan mempengaruhi minat membeli pada konsumen. Tujuan penelitian ini yaitu: (1) hubungan antara citra merek laptop dengan minat membeli. (2) Seberapa tinggi minat membeli. (3) Peran citra merek laptop dengan minat membeli. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang membeli di Risc computer, Surakarta. Sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang akan membeli laptop di Risc computer dengan jumlah 50 untuk digunakan sebagai subjek penelitian. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu dengan incidental sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala. Metode analisis data menggunakan korelasi product moment. Kesimpulan dalam penelitian ini, yaitu (1) Ada hubungan positif yang sangat signifikan antara citra merek laptop dengan minat membeli. Hal ini ditunjukkan dengan hasil korelasi product moment diperoleh hasil r = 0,550 dengan p = 0,00 jadi p ≤ 0,01. (2) Hasil kategori citra merek laptop tergolong tinggi dengan rerata empirik = 134,980 dan rerata hipotetik = 112,5. (3) Hasil minat membeli kategori tergolong tinggi dengan rerata empirik = 137,540 dan rerata hipotetik = 115. Hasil. (4) Hasil analisis data diperoleh koefisien determinan (r²) sebesar 0,303 sehingga sumbangan citra merek laptop sebesar 30,3% yang berarti masih terdapat 69,7% variabel-variabel lain yang mempengaruhi minat membeli.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: citra merek, minat membeli
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 09 Mar 2010 08:33
Last Modified: 27 Oct 2011 07:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6665

Actions (login required)

View Item View Item