PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIIB SMP N 3 Kebakkramat)

SUMARSIH, SRI (2008) PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVMENT DIVISION (STAD) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIIIB SMP N 3 Kebakkramat). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A410030135.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada peningkatan keaktifan siswa dan hasil belajar matematika melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subyek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII B SMP N 3 Kebakkramat, obyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII B sejumlah 40 siswa dan peneliti sebagai subyek yang melakukan perencanaan, pengumpulan data, analisis data dan penarikan kesimpulan. Data dikumpulkan melalui observasi, catatan lapangan, test dan dokumentasi. Analisis data secara deskriptif dengan metode alur. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Keaktifan siswa bekerjasama dengan anggotanya meningkat dari 0% menjadi 57,5% pada akhir siklus, (2) Keberanian siswa menjawab pertanyaan guru/mengerjakan soal ke depan kelas meningkat dari 10% mrnjadi 27,5%, (3) Siswa yang mengajukan ide atau tanggapan pada guru meningkat dari 5% menjadi 12,5%, (4) Siswa yang memberi tanggapaan jawaban siswa lain meningkat dari 5% menjadi 15%, (5) Siswa yang aktif membuat kesimpulan materi baik secara kelompok atau mandiri meningkat dari 25% menjadi 42,5%. Peningkatan hasil belajar siswa adalah nilai rata-rata kelas latihan terkontrol meningkat dari 93,125 menjadi 96,875. Sedangkan nilai rata-rata kelas latihan mandiri meningkat dari 77 menjadi 88,375. Kesimpulan penelitian ini adalah keaktifan siswa dan hasi belajar dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kontekstual, Kooperatif, STAD, Peningkatan, Keaktifan, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 20 Nov 2008 05:00
Last Modified: 17 Nov 2010 10:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/665

Actions (login required)

View Item View Item