Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Pengendaalian Intern, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Boyolali)

Septo Nugroho, Brendhi and , Eny Kusumawati, SE, MM, Ak, CA (2018) Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Pengendaalian Intern, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (Studi Empiris Pada Badan Keuangan Daerah Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi-12.pdf

Download (691kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (215kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf

Download (352kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah (SAP), kompetensi sumber daya manusia (SDM), penerapan sistem pengendalian intern (SPI), pemanfaatan teknologi informasi, dan komitmen organisasi terhadap kualitas laporan keuangan pemerintah daerah. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai yang bekerja pada badan keuangan (BKD) kabupaten boyolali. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) Uji Statistik Deskriptif 2) Uji Kualitas Data (Uji Validitas dan Uji Reliabilitas) 3) Uji Asumsi Klasik (Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Heteroskedastisitas) 4) Analisis Regresi Berganda 5) Uji Hipotesis (Uji F, Uji Koefisien Determinasi, dan Uji t). Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa seluruh item pernyataan kuesioner yang digunakan dalam penelitian ini valid dan reliabel. Hasil pengujian asumsi klasik menunjukkan bahwa data terdistribusi normal, tidak ada gejala multikolinearitas dan heteroskedastisitas. Hasil penelitian uji F menunjukkan bahwa variabel independen yang dipakai dalam penelitian ini (penerapan standar akuntansi pemerintah (SAP), kompetensi sumber daya manusia (SDM), penerapan sistem pengendalian intern (SPI), pemanfaatan teknologi informasi, dan komitmen organisasi) berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Hasil pengujian koefisien determinasi menunjukkan bahwa variabel independen dapat menjelaskan variabel dependen sebesar 39,0% dan sisanya 61,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini. Hasil pengujian uji t menunjukkan bahwa hanya variabel kompetensi SDM dan komitmen organisasi yang berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan, sedangkan variabel penerapan SAP, penerapan SPI, dan pemanfaata teknologi informasi tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SAP, SDM, SPl,TI, KO, dan kualitas laporan keuangan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: BRENDHI SEPTO NUGROHO
Date Deposited: 11 Aug 2018 01:57
Last Modified: 11 Aug 2018 01:57
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/66006

Actions (login required)

View Item View Item