OPTIMALISASI KINERJA SIMPANG EMPAT PASAR KLEWER SAMPAI SIMPANG EMPAT MATAHARI SINGOSAREN

MULYANTO, MULYANTO (2009) OPTIMALISASI KINERJA SIMPANG EMPAT PASAR KLEWER SAMPAI SIMPANG EMPAT MATAHARI SINGOSAREN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
D100010011.pdf

Download (53kB)
[img] PDF
D100010011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Studi kasus pada simpang pasar Klewer sampai simpang Matahari, Surakarta pada hakikatnya dilatarbelakangi oleh volume lalulintas yang sangat padat. Hal tersebut perlu mendapat perhatian karena kesemrawutan yang terjadi dapat menyebabkan kemacetan, tundaan, antrian, bahkan kecelakaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kinerja simpang dan ruas pada kondisi sebelum dan sesudah dilakukan pengaturan berupa simpang bersinyal terkoordinasi. Penelitian ini dilakukan di ruas jalan Simpang Empat Pasar Klewer sampai Simpang Empat Matahari. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa peta lokasi dan dari BPS Surakarta berupa: data jumlah penduduk tahun 2001 sampai tahun 2005, kemudian dengan perhitungan interpolasi didapatkan jumlah penduduk sampai tahun 2008, dan data primer yang meliputi: data geometrik dan kondisi lingkungan dan volume lalulintas. Survai dilaksanakan pada hari Senin 16 Juni 2008 dan Sabtu 21 Juni 2008 pada jam 09.30-10.30 dan 14.00-15.00. Data yang diperoleh dianalisis berpedoman pada MKJI tahun 1997. Parameter yang dicari adalah kapasitas, derajat kejenuhan, panjang antrian, kecepatan arus bebas, panjang antrian, waktu offset. Berdasarkan hasil analisis didapat kinerja simpang empat tidak bersinyal pasar Klewer sampai simpang empat tidak bersinyal Matahari Singosaren, Surakarta didapatkan: Kapasitas tertinggi pada simpang pasar Klewer sebesar 3207 smp/jam, simpang Kilat sebesar 4146 smp/jam, simpang Matahari sebesar 4313 smp/jam. Untuk nilai DS tertinggi pada simpang pasar Klewer sebesar 0,588, simpang Kilat sebesar 0,778, sedangkan simpang Matahari sebesar 0,492. Sebagai alternatif untuk mengatasi masalah kinerja lalulintas maka setiap simpang diberikan lampu lalulintas, sehingga diperoleh Kapasitas tertinggi untuk simpang pasar Klewer sebesar 1831 smp/jam, simpang Kilat sebesar 1025 smp/jam, simpang Matahari sebesar 1940 smp/jam. Untuk nilai DS tertinggi simpang pasar Klewer sebesar 0,524, simpang Kilat sebesar 0,826, dan simpang Matahari sebesar 0,592. Panjang antrian tertinggi untuk simpang pasar Klewer sebesar 38 m, simpang Kilat sebesar 102 m, simpang Matahari sebesar 62 m. Nilai derajat kejenuhan tertinggi pada ruas didapatkan: Ruas Simpang pasar Klewer sampai Simpang Matahari sebesar 0,352. Nilai kapasitas dimasing-masing ruas diperoleh sebesar 1853 smp/jam. Waktu siklus untuk koordinasi sebesar 75 detik, dengan waktu hijau untuk Simpang pasar Klewer 29 detik, Simpang Kilat 13 detik, dan Simpang Matahari 23 detik. Waktu offset untuk Simpang pasar Klewer-Kilat sebesar 50 detik, dan Simpang Kilat-Matahari sebesar 100 detik. Kecepatan Arus Bebas sebesar 37 Km/Jam,

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kinerja, simpang tidak bersinyal, simpang bersinyal, koordinasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 25 Feb 2010 07:36
Last Modified: 15 Nov 2010 12:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6551

Actions (login required)

View Item View Item