KINERJA GURU DITINJAU DARI PROFESIONALISME LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR DI SMP NEGERI 1 JATIPURNO WONOGIRI

Purwanti, Purwanti (2008) KINERJA GURU DITINJAU DARI PROFESIONALISME LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN MENGAJAR DI SMP NEGERI 1 JATIPURNO WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210040099.pdf

Download (228kB)
[img] PDF
A210040099.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (794kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profesionalisme, latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar secara bersama terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Jatipurno Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini, yaitu guru SMP Negeri 1 Jatipurno Wonogiri yang berjumlah 44 orang dengan sampel 39 orang guru. Sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan metode angket. Data diolah menggunakan program SPSS for Windows V. 11.5. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian instrumen validitas dan reliabilitas, data diketahui valid dan reliabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Profesionalisme berpengaruh terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Jatipurno Wonogiri ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,376. Latar belakang pendidikan berpengaruh terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Jatipurno Wonogiri ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,812. Pengalaman mengajar berpengaruh terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Jatipurno Wonogiri ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi sebesar 0,524. Profesionalisme, latar belakang pendidikan dan pengalaman mengajar secara bersama berpengaruh terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Jatipurno Wonogiri adalah terbukti, ditunjukkan nilai F hitung sebesar 4,116 F tabel dengan N = 44 tingkat signifikansi 5 % sebesar 2,84 atau 4,116 > 2,84. Sumbangan relatif untuk variabel X1 sebesar 22% variabel X2 sebesar 47% dan variabel X3 sebesar 31%. Sumbangan efektif variabel X1 sebesar 7,7% variabel X2 sebesar 16.45% dan variabel X3 sebesar 10.85% terhadap Y. Total sumbangan efektif dalam penelitian ini sebesar 35% untuk 65% ditentukan oleh variabel lain diluar penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, profesionalisme, latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2008 03:29
Last Modified: 31 Jan 2011 03:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/655

Actions (login required)

View Item View Item