Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Transaksi Jual Beli Barang (Rosok) di “CV. Mardi Plastik” Brantiharjo, Bangak, Banyudono Boyolali

Ghofar, Sahrul and , Imron Rosyadi, Dr. M.Ag (2018) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Pelaksanaan Transaksi Jual Beli Barang (Rosok) di “CV. Mardi Plastik” Brantiharjo, Bangak, Banyudono Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASPUB BARU.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
bab i.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
bab ii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] PDF (Bab III)
bab iii.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV gentong.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V rongsok tong revisi 22 jan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI gentong.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA gentong.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf

Download (206kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURATPERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)

Abstract

Jual beli merupakan salah satu jenis muamalah yang membawa manfaat yang besar dalam kehidupan. Jual beli selain sebagai sarana pemenuhan kebutuhan, juga merupakan sarana tolong menolong di antara sesama umat manusia dan sebagai sarana manusia untuk mencari rizki yang halal dari Allah SWT. Perkembangan ekonomi yang pesat saat ini telah banyak muncul berbagai macam praktik jual beli. Salah satu diantaranya adalah praktik jual beli barang rongsokan, jual beli ini berlangsung sesuai adat kebiasaan daerah setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan hukum islam terhadap praktik jual beli barang rongsokan yang berlangsung di CV. Mardi Plastik. Manfaat penelitian ini adalah diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran, sehingga dapat tercipta praktik jual beli yang sesuai dengan hukum islam terutama dalam praktik jual beli barang rongsokan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan memberikan penjelasan terhadap keadaan atau fenomena sosial yang berhubungan dengan praktek jual beli plastik bekas (rosok) di “CV. Mardi Plastik”. Sumber data meliputi data primer yang diperoleh langsung dari pihak yang bersangkutan, dan data sekunder dengan mempelajari bahan kepustakaan yang berkaitan dengan penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan (library research) dan studi lapangan (field research) dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis datanya menggunakan analisa kualitatif. Dimana data yang diperoleh didesain secara sistematis dengan pola deduktif untuk tarik suatu kesimpulan. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa praktik jual beli barang rongsokan yang berlangsung di CV. Mardi Plastik, secara umum sudah menerapkan jual beli dengan sistem timbangan. Rongsok ditimbang per tiga karung, penimbangan dilakukan sesuai dengan jenis plastik yaitu pph, p3, ppb, blw, blp. Menurut hukum Islam bahwa barang yang diperjualbelikan harus jelas diketahui oleh pihak penjual dan pembeli baik zat, bentuk, kadar dan sifatnya dan tidaklah sah jual beli mengandung unsur ketidakpastian dan spukulasi, hal tersebut dilarang oleh syara’, hal ini yang masih perlu di perhatikan oleh pihak CV. Mardi Plastik, yaitu dalam hal pelaksanaan penimbangan plastik yang basah dan kotor serta adanya pemotongan harga setelah dilakukan penimbangan yang masih menimbulkan unsur gharar dan ketidakpastian harga barang rongsok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sales of ex-plastic, islam law, ghahar
Subjects: B Philosophy (General); Religion > BA Islam
B Philosophy (General); Religion > BA Islam > BA12 Hukum Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Unnamed user with username i000113012
Date Deposited: 08 Aug 2018 08:08
Last Modified: 03 Oct 2022 03:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/65479

Actions (login required)

View Item View Item