PENGARUH PENDEKATAN METODE BELAJAR PROBLEM SOLVING DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2007/2008

Yuningsih, Retno (2008) PENGARUH PENDEKATAN METODE BELAJAR PROBLEM SOLVING DAN MINAT TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS VIII SMP NEGERI 2 KARTASURA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210010002.pdf

Download (684kB)
[img] PDF
A210010002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui pengaruh metode belajar problem solving terhadap hasil belajar ekonomi, 2) Mengetahui minat belajar siswa terhadap hasil belajar ekonomi, 3) Mengetahui pengaruh Metode belajar Problem solving dan minat siswa terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2007/2008. Penelitian mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Kartasura. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIIID dan E sebanyak 80 siswa. Karena penelitian ini merupakan penelitian populasi, sehigga tidak menggunakan sampel. Data tentang metode problem solving dan minat belajar diperoleh melalui angket, sedangkan data hasil belajar diperoleh melalui ulangan. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil analisis menunjukkan bahwa metode problem solving dan minat belajar terhadap hasil belajar ekonomi diperoleh persamaan regresi : Y = 11,684 + 0,840X1 + 0,322X2. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 31,226 > 3,12 (taraf signifikansi 5%) berarti antara metode problem solving dan minat belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi. Uji t untuk variabel metode problem solving diperoleh thitung > dari ttabel atau 5,865 > 1,99 dan untuk variabel minat belajar diperoleh thitung > ttabel atau 3,412 > 1,99 (taraf signifikansi 5%). Kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar ekonomi. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,448 ini menunjukkan bahwa variabel metode problem solving dan minat belajar berpengaruh terhadap hasil belajar ekonomi sebesar 44,8%. Sedangkan sisanya sebesar 55,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak terdapat di dalam model penelitian ini. Besarnya sumbangan relatif untuk variabel x1 sebesar 60,25%, x2 sebesar 39,75% dan besarnya sumbangan efektif untuk x1 sebesar 26,99% dan x2 sebesar 17,81%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Problem Solving, Minat Belajar, dan Hasil Belajar Ekonomi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2008 02:53
Last Modified: 31 Jan 2011 04:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item