PEMAHAMAN WACANA FIKSI DAN NONFIKSI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 SAMBUNGMACAN TAHUN AJARAN 2007/2008

Krisnawati, Nofa Ida (2008) PEMAHAMAN WACANA FIKSI DAN NONFIKSI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 3 SAMBUNGMACAN TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310040101.pdf

Download (48kB)
[img] PDF
A310040101.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam memahami wacana fiksi dan nonfiksi dalam waktu yang sudah ditentukan, untuk mendeskripsikan pemahaman membaca siswa dalam memahami wacana. Di samping itu untuk memberikan solusi tentang kesulitan yang dialami siswa dalam memahami wacana. Objek penelitian ini adalah kemampuan siswa dala m memahami wacana fiksi dan nonfiksi. Selain itu juga aktivitas membaca dan menjawab soal yang dilakukan oleh siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, tes subjektif, dan observasi. Wawancara dilakkukan oleh peneliti dengan guru Bahasa Indonesia untuk merefleksikan hasil pengamatan. Tes dilaksanakan dua kali yaitu untuk tes pertama dan tes kedua. Diadakan tes yang kedua untuk mengetahui tingkat pemahaman membaca siswa. Dengan tujuan adakah peningkatan antara tes yang pertama dengan tes yang kedua. Observasi langsung dilakukan peneliti sendiri pada saat aktivitas kegiatan belajar mengajar atau pada saat proses penelitian. Pelaksanaan pembelajaran dengan tes pemahaman membaca dapat berjalan dengan lancar. Setelah guru membantu mengarahkan siswa dalam memahami bacaan. Dengan adanya keseriusan siswa dalam memahami bacaan pada tes yang kedua hasil yang diperoleh dari tes pemahaman ada peningkatan. Terbukti dari hasil tes yang pertama dan tes yang kedua hasil wacana fiksi setalah di efaluasi hasil rataratanya 59,6 dan 62,5. Untuk wacana nonfiksi dari tes yang pertama dan tes yang kedua hasil rata-ratanya adalah 63,21 dan 72,8. Dari hasil tersebut dipastikan pemahaman membaca siswa dari tiap tes ada peningkatan. Faktor keberhasilan siswa dalam memahami bacaan adalah adanya kesadaran dari siswa bahwa membaca tidak hanya sekedar membaca.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Membaca, pemahaman, wacana fiksi dan nonfiksi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Nov 2008 03:46
Last Modified: 31 Jan 2011 05:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item