STUDI TENTANG KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA KURIKULUM SYARIAH DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTA BARAT SURAKARTA 2009

WIBISONO, YUSUP (2009) STUDI TENTANG KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN PADA KURIKULUM SYARIAH DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTA BARAT SURAKARTA 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000070148.pdf

Download (130kB)
[img] PDF
G000070148.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)

Abstract

Modifikasi kurikulum adalah satu proses alamiah. Proses ini dapat terjadi di semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat terendah sampai tertinggi. Juga dapat terjadi secara parsial maupun total. Alasan dan tujuan modifikasi juga sangat berfariasi. Di Indonesia sudah beberapa kali terjadi modifikasi kurikulum sehingga kemudian dikenal berbagai kurikulum dengan nama-nama tahun seperti kurikulum 1975 dan 1984. Keberadaan Kurikulum Syariah yang membawa aroma baru dalam luang lingkup keagamaan Islam juga membawa pada bentuk solusi yang menjawab permasalahan diatas Hal ini karena Kurikulum syariah memiliki perpaduan antara kurikulum Diknas dengan Al Quran dan Assunnah serta alam semesta dalam proses belajar mengajar. Yang berlangsung didalam sekolah maupun di luar sekolah. Dari beberapa kenyataan diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan diantaranya: bagaimanakah proses pelaksanaan KTSP pada kurikulum syariah,permasalahan yang dihadapi serta hambatan dan solusi permasalahan yang dihadapi dan apa saja yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan, serta hasil yang didapatkan dari pelaksanaan KTSP pada kurikulum syariah di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta 2009 M. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan serta subyeknya adalah Kepala Sekolah, Sie kurikulum Syariah dan murid. Dan mengunakan sampel diantaranya: Kepala Sekolah, Guru Sains Syariah, 32 Murid. SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat. Metode pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Analisis data mengunakan metode pentahapan secara berurutan dan interaksionis dengan cara berfikir deduktif dan indutif. Hasil dari data dikumpulkan dan dijadikan data yang jelas Dari hasil penelitian dan analisis data serta kesimpulan didapatkan bahwa pelaksanaan KTSP pada kurikulum syariah di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta tahun ajaran 2009/2010 sudah berlangsung dengan baik dan efektif. Masalah yang dihadapi oleh SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat selama ini sudah dapat diatasi walaupun belum sempurna, khususnya yang berkenaan dengan pengadaan gedung, perpustakaan dan lab. Bahasa. Sedangkan hasil pelaksanaan KTSP pada kurikulum syariah di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta sudah berjalan dengan baik karena sudah sesuai dengan tujuan pendidikan yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah.. Teori kurikulum sebagai suatu perangkat pernyataan yang memberikan makna terhadap kurikulum sekolah, makna tersebut terjadi karena adanya penegasan hubungan antar unsur-unsur.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kurikulum tingkat satuan pendidikan, modifikasi kurikulum
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 23 Feb 2010 08:34
Last Modified: 15 Nov 2010 13:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6478

Actions (login required)

View Item View Item