PERAN CABANG MUHAMMADIYAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI BULU SUKOHARJO TAHUN 2006 - 2009

SUPARWI, Suparwi (2009) PERAN CABANG MUHAMMADIYAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM DI BULU SUKOHARJO TAHUN 2006 - 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000070094.pdf

Download (80kB)
[img] PDF
G000070094.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)

Abstract

Pendidikan Islam sesuatu yang sangat penting dalam pembentukan moral masyarakat, oleh karena itu pendidikan harus dilaksanakan secara intensif sistematis, untuk memperoleh hasil yang maksimal pendidikan Islam dapat dilaksanakan oleh suatu persyarikatan seperti Muhammadiyah. Di mana Muhammadiyah adalah sebagai tempat dan sarana dalam penyebaran agama Islam dan pelaksanaan pendidikan Islam guna terbentuknya suatu masyarakat islami. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Cabang Muhammadiyah terhadap perkembangan pendidikan Islam di Bulu dan apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan Islam di Bulu. Adapun tujuan dan manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran Cabang Muhammadiyah dalam pendidikan Islam di Bulu Sukoharjo. Serta faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan Islam. Adapun objek dalam penelitian ini adalah semua kegiatan pendidikan Islam yang dilaksanakan oleh Cabang Muhammadiyah Bulu. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Adapun data yang diperoleh adalah adanya berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh Cabang Muhammadiyah Bulu di lingkungan warga Muhammadiyah dan masyarakat Bulu pada umumnya seperti pengajian setonan, pengajian bulanan ahad paing, kultum Ramadhan setelah shalat Tarawih dan shalat Shubuh, kajian pimpinan Cabang Muhammadiyah, kajian Aisyiyah, kajian Nasyiatul Aisyiyah, kajian senenan, khutbah jum'ah, pengumpulan zakat mal dan zakat fitrah, pendidikan Islam di BA Aisyiyah, TK Aisyiyah, MADINAD dan kegiatan-kegiatan lain yang dilaksanakan masing-masing majelis dalam Cabang Muhammadiyah Bulu. Faktor-faktor pendukung pelaksanaan pendidikan Islam di Bulu adalah sebagai berikut: Pengurus dan warga Cabang Muhammadiyah Bulu bersatu dan mempunyai semangat yang tinggi untuk membangun masyarakat islami, munculnya beberapa pengurus Cabang Muhammadiyah yang mewakafkan tanahnya untuk didirikan masjid dan gedung sekolah, tanggapan positif masyarakat terhadap lembaga-lembaga pendidikan yang diselenggarakan oleh Cabang Muhammadiyah Bulu. Adapun Faktor-faktor penghambat pelaksanaan pendidikan Islam di Bulu adalah sebagai berikut: pemahaman masyarakat Bulu masih bercampur dengan adanya adat istiadat, kesadaran masyarakat Bulu terhadap arti penting pendidikan rendah. Masih terdapat fanatisme keagamaan pada beberapa warga masyarakat Bulu, sehingga mereka tidak mau ikut serta dalam kegiatan pendidikan Islam yang diselenggarakan Cabang Muhammadiyah Bulu. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwasanya Cabang Muhammadiyah Bulu mempunyai peran yang sangat penting dalam pendidikan Islam yaitu dengan diadakannya berbagai kegiatan yang diselenggarakan masing-masing majelis dalam Cabang Muhammadiyah Bulu yang sarat dengan nilai-nilai ajaran Islam melalui pendidikan formal dan non formal.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan islam, Muhammadiyah
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 23 Feb 2010 08:30
Last Modified: 14 Jun 2011 05:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6475

Actions (login required)

View Item View Item