Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan dan Struktur Modal Terhadap Perubahan Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2012- 2016)

Mundari, Ina and , Kusdiyanto, SE, MSi (2018) Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan dan Struktur Modal Terhadap Perubahan Harga Saham (Studi Kasus Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2012- 2016). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi (2).pdf

Download (603kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (684kB)
[img] PDF (Bab I)
PDF BAB 1.pdf

Download (224kB)
[img] PDF (Bab II)
PDF BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
PDF BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
PDF BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
PDF BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (491kB) | Request a copy
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN naspub INA.pdf

Download (86kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh variabel ROE, ROA dan DER terhadap Perubahan Harga Saham pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016. Penelitian ini menggunakan data sekunder berbentuk laporan keuangan perusahaan yang diperoleh dari www.idx.co.id. Teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Jumlah sampel yang memenuhi kriteria adalah 13 perusahaan, sehingga diperoleh data sebanyak 59 data diolah. Penelitian ini diambil karena masih terdapat perbedaan antara penelitian satu dengan penelitian yang lain. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, regresi berganda, uji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, serta uji hipotesis menggunakan uji signifikansi simultan (uji F), uji signifikansi parsial (uji t) dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara silmultan variabel ROE, ROA, dan DER berpengaruh signifikan terhadap Perubahan Harga Saham dengan hasil perhitungan Fhitung (44.755) > Ftabel (3,18) dengan p < 0,05. Secara parsial variabel ROE berpengaruh secara signifikan terhadap Harga Saham dengan hasil perhitungan thitung (7.217) < ttabel (2.003) dengan p < 0,05. Variabel ROA berpengaruh secara signifikan terhadap Perubahan Harga Saham dengan hasil perhitungan thitung (-5.299) > ttabel (2.003) dengan p < 0,05. Variabel DER berpengaruh secara signifikan terhadap Perubahan Harga Saham dengan hasil perhitungan thitung (-2.383) > ttabel (2.003) dengan p < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,709. Hal ini berarti 70.9% variabel Perubahan Harga Saham dapat dijelaskan oleh variabel ROE, ROA dan DER. Sisanya 29.1% dijelaskan oleh faktor lain diluar variabel yang diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ROE, ROA, DER, dan Perubahan Haga Saham
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: INA MUNDARI
Date Deposited: 01 Aug 2018 04:47
Last Modified: 01 Aug 2018 04:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/64693

Actions (login required)

View Item View Item