PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

Sadibei, Sadibei (2009) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DAN SOLUSINYA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 10 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000070087.pdf

Download (85kB)
[img] PDF
G000070087.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Arab sebagai bahasa Al-Qur’an yang mengkomunikasikan kalam Allah yang mengandung uslub bahasa yang mengagumkan manusia. Menguasai bahasa Arab merupakan syarat wajib untuk memahami isi Al-Qur’an. SMP Muhammadiyah 10 Surakarta mempunyai perhatian khusus terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam terutama bahasa Arab. Pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta mempunyai beberapa kendala sehingga pembelajaran bahasa Arab dianggap sebagai salah satu mata pelajaran yang sulit dan menakutkan. Nilai bahasa Arab di SMP Muhammadiyah tersebut di bawah standar ketuntasan belajar minimal. Hal ini sungguh sangat memprihatinkan mengingat SMP Muhammadiyah tersebut merupakan sekolah menengah tingkat pertama yang berasaskan keislaman. Berdasarkan kenyataan di atas dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : Apa problematika pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010 dan bagaimana solusinya Dengan begitu tujuan penelitian adalah : Untuk mengetahui problematika pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas VIII di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta tahun ajaran 2009/2010 dan menemukan solusi dari problematika tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan deskriptif menggunakan purposive sampling yaitu yang diteliti hanya orang-orang yang berkaitan langsung dengan pembelajaran bahasa arab, mereka adalah Kepala Sekolah, 1 guru bahasa Arab dan 13 murid kelas VIII. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data bersifat deskriptif kualitatif dan menggunakan cara pentahapan secara berurutan serta interaksionis. Hasil penelitian ini berupa problematika pembelajaran bahasa Arab dan solusinya di SMP Muhammadiyah 10 Surakarta yaitu : 1)Tidak diklasifikasikannya siswa. 2) Tidak ada buku pegangan yang jelas bagi guru dan murid. 3) Keterbatasan jam yang diberikan. 4) Kurangnya media dan sumber belajar. 5) Faktor tenaga pendidik. 6) Faktor lingkungan sekolah Adapun solusi dari problematika tersebut adalah : 1) Menggunakan metode pembelajaran power of two. 2) Menyusun buku bahasa Arab sendiri yang diringkas dari buku Dursul Lughoh Al-Arobiyah. 3) Menambah jam pelajaran bahasa Arab dan mengoptimalkan waktu yang tersedia. 4) Pengadaan media dan sumber belajar. 5) Menambah tenaga pengajar baru. 6) Membina hubungan dengan masyarakat dengan lebih baik seperti mengadakan acara keagamaan dengan mengundang tokoh-tokoh dan mas

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran bahasa arab
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 23 Feb 2010 08:25
Last Modified: 15 Nov 2010 13:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6469

Actions (login required)

View Item View Item