PENERAPAN METODE AL-BARQY DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BAGI SISWA KELAS III, IV DAN V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KAYEN CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

SAPRUN, Saprun (2009) PENERAPAN METODE AL-BARQY DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BAGI SISWA KELAS III, IV DAN V SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KAYEN CONDONGCATUR DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (Full Text)
G000070078.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (338kB)

Abstract

Penerapan Metode Al-Barqy Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Siswa Kelas III, IV dan V Sekolah Dasar Muhammadiyah Kayen Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta Tahun Ajaran 2008/2009. Secara umum anak pada usia SD belum biasa membaca Al-Quran dengan baik bahkan banyak keluhan yang dijumpai di dalam proses pembelajaran Al-Quran. Peserta didik merasa ada kesulitan dan memerlukan waktu yang lama untuk belajar Al-Quran. Namun di SD Muhammadiyah Kayen Condongcatur Depok Sleman Yogyakarta peserta didiknya sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan baik. Skripsi ini bertujuan ingin mengetahui metode pembelajaran Al-Qur’an di SD Muhammadiyah, mengetahui hasil yang dicapai setelah menggunakan metode Al-Barqy dalam pembelajaran Al-Quran serta ingin mengetahui faktor-faktor yang mendukung dan faktor yang menghambat dalam penerapan metode pembelajaran AL-Qur’an tersebut. Untuk memperoleh hasil yang sesuai dengan tujuan penelitian, penulis menggunakan metode Observasi, Interview, Angket dan Dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan menggunakan statistik sederhana. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan: Metode yang digunakan dalam pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Condongcatur meliputi metode SAS, Metode Al-Barqy, Metode Bagdadiyah, Metode Iqro’ Metode Tanya Jawab dan Metode yang paling dominan adalah metode Al-Barqy. Adapun metode-metode yang lain berfungsi sebagai pendukung saja. Hasil yang dicapai setelah menerapkan metode Al-Barqy dalam pembelajaran Al-Quran mayoritas murid-muridnya sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan baik sebanyak 91,13%, selain prestasi tersebut diantara siswa juga ada yang pernah mengkahtamkan membaca Al-Qur’an sebanyak 74,14% hal tersebut disebabkan karena semua siswa sudah hafal huruf-huruf Hijaiyah sebelum kelas III yaitu sebesar 77,59% kemampuan siswa tersebut juga disebabkan karena 100% siswa sangat memperhatikan jika guru sedang mengajar, selain itu siswa juga sangat aktif untuk mencari cara agar cepat bisa baca Al-Qur’an dengan cara meminta bimbinngan atau belajar kelompok. Faktor pendukung metode ini antara lain penguasaan materi dari guru pengajar dan kesiapan anak didalam menerima pelajaran, ketepatan dalam memilih metode terutama dengan diterapkannya metode Al-Barqy sebagai buku ajar dalam pembelajaran Al-Qur’an di SD Muhammadiyah Kayen Condongcatur, sedangkan faktor penghambat metode tersebut adalah keadaan sekolah yang masih dalam proses renovasi, serta banyaknya pedagang keliling yang bebas berjualan di area sekolah sehingga sangat mengganggu aktifitas sekolah terutama didalam proses belajar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran al qur'an, proses belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 23 Feb 2010 08:05
Last Modified: 10 Apr 2012 10:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6460

Actions (login required)

View Item View Item