BIMBINGAN KEAGAMAAN BAGI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN 2009

YUSTANTO, Yusnanto (2009) BIMBINGAN KEAGAMAAN BAGI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA MUHAMMADIYAH 7 SURAKARTA TAHUN 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000060026.pdf

Download (302kB)
[img] PDF
G000060026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bimbingan keagamaan adalah segala kegiatan yang dilakukan seseorang dalam rangka memberikan bantuan kepada orang lain yang mengalami kesulitan- kesulitan rohaniyah dalam lingkungan hidupnya agar supaya orang tersebut mampu mengatasinya sendiri karena timbul kesadaran atau penyerahan diri terhadap kekuasaan Tuhan. Maka dengan demikian ada kemungkinan bahwa si terbimbing perlu diberi kemampuan melihat rangkaian problematika yang dihadapi seputar masalah-masalah keagamaan yang mengganggu ketenangan hidupnya baik dari segi kejiwaan maupun fisiknya. Dengan adanya kenyataan demikian maka bimbingan keagamaan perlu memiliki pengetahuan tentang tata cara membimbing secara Islami sehingga sekurang-kurangnya dapat memenuhi kriteria-kriteria tujuan bimbingan keagamaan itu sendiri seperti membantu si terbimbing memiliki sumber pegangan keagamaan dan membantu si terbimbing agar bersedia mengamalkan ajaran agamanya. Adapun nilai bimbingan yang dapat diterapkan dalam ajaran agama Islam dapat digunakan pembimbing untuk membantu si terbimbing menentukan pilihan perubahan tingkah laku positif, mengatasi problematika kejiwaan klein dan lain sebagainya. Oleh karena itu, bimbingan keagamaan yang berada di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta adalah bagaimana sekolah ini berusaha berfikir tentang persiapan pengembanganya, supaya benar-benar dapat menunjang terlaksananya program bimbingan keagamaan yang sudah dilakukan selama ini. Skripsi ini membahas tentang bagaimana pelaksanaan bimbingan keagamaan yang ada di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta dan apa yang menjadi faktor pendukung serta penghambatnya. Bimbingan keagamaan di sekolah ini bertujuan untuk menanamkan sumber pegangan keagamaan dan membantu siswa supaya memiliki kesadaran mengamalkan ajaran agama Islam dengan ibadah praktis seperti dengan mengadakan bimbingan shalat, bimbingan gerakan amal shaleh dan bimbingan baca tulis Al-Qur’an. Fungsi bimbingan ini tentunya sebagai tidakan pencegahan, pengentasan dan pengembangan nilai tingkah laku dan jiwa yang negatif siswa. Adapun metode yang digunakan pembimbing dalam membantu pelaksanaan bimbingan ini yaitu dengan memberikan ceramah materi, diskusi, tanya jawab, kelompok dan keteladanan dari guru pembimbing. Dari semua kegiatan bimbingan keagamaan di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta dapat diketahui tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan keagamaan dan apa yang menjadi faktor pendukung dan penghamabatnya. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Dari berbagai uraian di atas jelaslah bahwa program bimbingan keagamaan ini berjalan dengan baik, hal ini terbukti dengan adanya bangunan Islamic Center di sekolah ini dan siswapun antusias dalam kegiatan bimbingan tersebut. Berdasarkan kajian dan rumusan di atas bimbingan keagamaan pada prinsipnya merupakan kegiatan yang profesional, yang harus dilakukan oleh seorang pembimbing yang ahli di bidangnya, sehingga mempunyai kekuatan dan pemahaman Islam yang memadai, serta mengamalkan nilai-nilai Islam dalam kehidupan sosial maupun pribadinya untuk membantu si terbimbing mengatasi masalah jasmani dan rohaniah supaya sejalan dengan petunjuk Al-Qur’an.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan keagamaan, baca tulis Al-Qur'an
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Esti Handayani
Date Deposited: 23 Feb 2010 07:50
Last Modified: 21 Jun 2011 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6454

Actions (login required)

View Item View Item