Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Bernyanyi Di Tk Aisyiyah Bulak Karanganyar

Dwi Rohmawati, Ervira and -, Ilham Sunaryo, M.Pd.AUD (2018) Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Bernyanyi Di Tk Aisyiyah Bulak Karanganyar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi_oke.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf - Submitted Version

Download (255kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (439kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (498kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (509kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf - Submitted Version
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKa.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Image (5).pdf

Download (664kB)

Abstract

ABSTRAK Ervira Dwi Rohmawati. 2014 Upaya Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Bernyanyi dengan di TK Aisyiyah Bulak Karanganyar. Skripsi. Pendidikan Guru-Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Muhammadiyah Surakarta Penelitian perkembangan bahasa bertujuan untuk mengetahui perkembangan bahasa serta meningkatkan perkembangan bahasa melalui kegiatan bernyanyi dengan diiringi alat musik keyboard pada anak usia dini. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pengambilan data menggunakan instrument. Peneliti melakukan observasi langsung kemudian melakukan tindakan yang dilakukan peneliti itu sendiri. Sebelum melakukan penelitian, peneliti melakukan penelitian prasiklus kemudian siklus I dan terakhir siklus II. Penelitian dilakukan selama 2 minggu dengan tambahan 1 minggu pada observasi untuk mengetahui hasil dari prasiklus. Hasil penelitian prasiklus 47,6%, siklus I 69,3% dengan selisih antara prasiklus ke siklus I adalah 21,7% dan pada siklus II 87,5% sehingga selisih antara siklus I dan siklus II adalah 18,2%. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan berhasil karena sudah mencapai lebih dari 80% dan anak-anak disana memiliki perkembangan bahasa yang lebih baik. Hal ini dapat dilihat bahwa anak-anak lebih berani mengutarakan pendapat dan perasaannya serta dapat mengalirkan bakatnya dibidang bernyanyi. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa kegiatan bernyanyi dengan diiringi alat musik keyboard dapat meningkatkan perkembangan bahasa Anak Usia Dini usia 5-6 tahun. Kata Kunci : Perkembangan Bahasa, Bernyanyi ABSTRACT Ervira Dwi Rohmawati. 2014 Improving Language Development Through Stories In Aisyiyah Bulak Karanganyar Kindergarten S1 Thesis. Muhammadiyah University of Surakarta Language development research aims to determine the development of language as well as improving language development through singing activities with keyboard accompaniment in early childhood. This is a classroom action research using instrument in research collecting data. The researcher makes a direct observation and performs the action in this research. Before doing the research, researcher does pre-cycle research then cycle I and cycle II. The study was conducted for 2 weeks with an additional 1 week on observation to determine the results of pre-cycle research. The result of pre-cycle research is 47,6%, cycle I 69,3% with difference between pre cycle to cycle I is 21,7% and at cycle II 87,5% so the difference between cycle I and cycle II is 18,2%. Therefore this research is successful because it has reached more than 80% and the children get better language development. It can be seen that children are more daring to express their opinion and feeling as well as showing their talent through singing. The research results prove that singing activity with keyboard accompaniment can improve the language development of early childhood age 5-6 years. Keyword : Language development, Singing

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keyword : Language development, Singing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: ERVIRA DWI ROHMAWATI
Date Deposited: 31 Jul 2018 04:41
Last Modified: 31 Jul 2018 04:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/64512

Actions (login required)

View Item View Item