FAKTOR-FAKTOR PENDIDIKAN MENURUT AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA’ ULUMUDDIN

JAM’IYAH, NUR AENI (2001) FAKTOR-FAKTOR PENDIDIKAN MENURUT AL-GHAZALI DALAM KITAB IHYA’ ULUMUDDIN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
G000950047.pdf

Download (69kB)
[img] PDF
G000950047.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)

Abstract

Kitab Ihya' Ulumuddin, buah karya Al Ghazali adalah salah satu karya besar dari beliau dan salah satu karya besar dalam perpusatakaan Islam. Meskipun ada berpuluh lagi karangan Al Ghazali yang lain, dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan Islam, namun yang menjadi intisari dari seluruh karangan beliau itu ialah kitab Ihya' Ulumuddin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pemikiran Al Ghazali tentang faktor-faktor pendidikan dalam kitab Ihya' Ulumuddin. Penelitian ini bermanfaat: bagi peneliti akan memberikan pemahaman tentang faktor-faktor pendidikan menurut Al Ghazali dalam kitab Ihya' Ulumuddin, menambah khazanah keilmuan bagi umat Islam mengenai faktor-faktor pendidikan, menambah khazanah keilmuan di Fakultas Agama Islam, khususnya jurusan Tarbiyah UMS. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kepustakaan, sedangkan metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah dokumentasi. Dalam penelitian ini sumber data dikelompokkan menjadi dua bagian yaitu sumber primer dan sumber sekunder. Data yang telah dikumpulkan dalam kegiatan penelitian ini selanjutnya dianalisis supaya bisa diambil kesimpulan/pengertian. Adapun metode analisis yang penulis gunakan adalah metode analisis kualitatif. Selanjutnya dalam analisis data secara kualitatif ini penulis menggunakan pendekatan cara berfikir induktif. Hasil penelitian tentang faktor-faktor pendidikan dalam kitab Ihya’ Ulumuddin dapat dirumuskan menjadi lima faktor yaitu (1) Faktor tujuan adalah pendidikan dalam prosesnya haruslah mengurai kepada pendekatan diri kepada Allah dan kesempurnaan insani, mengarahkan manusia untuk mencapai tujuan hidupnya bagi bahagia dunia dan akhirat, (2) Faktor pendidikan, yaitu guru mempunyai kedudukan yang mulia dan sangat penting. Guru juga memiliki syarat dan sifat yang harus dipenuhi antara lain: guru itu orang tua kedua di depan murid, guru sebagai pewaris nabi, guru sebagai penunjuk jalan dan figur pembimbing keagamaan, guru sebagai sentral figur atau teladan bagi murid, guru sebagai motivator dan guru sebagai seorang yang memahami tingkat perkembangan intelektual murid, (3) Faktor anak didik, yaitu belajar mempunyai peran yang penting dalam kehidupan. Dengan belajar orang jadi pandai, ia akan mengetahui terhadap segala sesuatu yang dipelajarinya. Tanpa belajar, orang tidak akan mengetahui sesuatupun, (4) Faktor alat dan metode adalah meliputi materi pendidikan, metode pendidikan dan alat pendidikan langsung, (5) Faktor lingkungan, keluarga adalah lingkungan pendidikan pertama dan terutama bagi perkembangan anak, bahkan mempunyai pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan dan perkembangannya. Sedangkan lingkungan pergaulan juga mempunyai pengaruh yang sangat dominan terhadap perkembangan anak. Sedangkan lingkungan yang berujud kesusastraan yang meliputi buku yang bermanfaat dan buku yang merugikan serta merusak juga mempunyai peran yang besar terhadap pembentukan pribadi anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kitab Ihya’ Ulumuddin, pendidikan agama
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 23 Feb 2010 07:31
Last Modified: 28 Oct 2011 04:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6447

Actions (login required)

View Item View Item