HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-5 TAHUN DI BOYOLALI

Cahyani, Purwanti Budi (2009) HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 3-5 TAHUN DI BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J210070124.pdf

Download (156kB)
[img] PDF
J210070124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)

Abstract

Untuk mendapatkan anak yang sehat, cerdas dan sesuai dengan tumbuh kembangnya seorang anak membutuhkan pemenuhan semua kebutuhan fisik, psikologis, sosial, dan spiritualnya. Tumbuh kembang yang optimal bertujuan untuk menjadikan anak menjadi manusia yang berkualitas dengan tidak hanya sekedar tumbuh secara fisik namun juga berkemampuan untuk berdaya guna dan berhasil guna baik bagi dirinya, keluarganya, masyarakat, bangsa serta umat manusia. Oleh karena itu, masa anak perlu mendapatkan perhatian. Pengetahuan dan peranan ibu sangat bermanfaat bagi proses perkembangan anak secara keseluruhan karena orang tua dapat segera mengenali kelebihan proses perkembangan anaknya dan sedini mungkin memberikan stimulasi pada tumbuh kembang anak yang menyeluruh dalam aspek fisik, mental, dan sosial. Perkembangan motorik berarti perkembangan pengendalian gerakan jasmaniah melalui kegiatan pusat saraf, urat saraf, dan otot yang terkoordinasi. Pengendalian tersebut berasal dari perkembangan refleksi dan kegiatan masa yang ada pada waktu lahir. Stimulasi yang bisa dilakukan pada perkembangan motorik kasar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi dengan perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun di TK/Playgroup Majelis Dakwah Islam 1 “PLUS” Pandeyan Ngemplak Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode observasional korelasi. Pendekatan waktu yang digunakan dalam penelitian ini adalah cross sectional. Tehnik Pengambilan Sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling total populasi dengan jumlah responden 40 orang. Alat ukur dalam penelitian adalah kuesioner dengan skala Gutman untuk tingkat pengetahuan, sementara pada perkembangan motorik kasar dengan DDST dengan kategori normal, abnormal dan meragukan. Pengujian hipotesa menggunakan uji Spearman-Rho. Hasil penelitian ini.Tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan motorik anak adalah baik. Tingkat perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun di Tk/Playgroup Majelis Dakwah Islam 1 “Plus” Pandeyan Ngemplak Boyolali adalah normal. Ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi perkembangan motorik kasar anak usia 3-5 tahun di TK/Playgroup Majelis Dakwah Islam 1 “PLUS” Pandeyan Ngemplak Boyolali deng

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan ibu, stimulasi, motorik kasar anak
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 23 Feb 2010 04:45
Last Modified: 21 Nov 2019 02:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6441

Actions (login required)

View Item View Item