NILAI BUDAYA DALAM CERITA RAKYAT KYAI AGENG GRIBIG DI KECAMATAN JATINOM, KABUPATEN KLATEN DAN FUNGSI BAGI MASYARAKAT PEMILIKNYA

Wardani, Rini Kusuma (2008) NILAI BUDAYA DALAM CERITA RAKYAT KYAI AGENG GRIBIG DI KECAMATAN JATINOM, KABUPATEN KLATEN DAN FUNGSI BAGI MASYARAKAT PEMILIKNYA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310040025.pdf

Download (62kB)
[img] PDF
A310040025.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (707kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) memperoleh deskripsi tentang cerita rakyat Kyai Ageng Gribig, 2) memaparkan nilai budaya apa sajakah yang terdapat dalam cerita rakyat Kyai Ageng Gribig di Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten, 3) untuk mengetahui fungsi yang terdapat dalam cerita rakyat Kyai Ageng Gribig di Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Objek penelitian ini adalah nilai budaya dan fungsi masyarakat pemiliknya dalam cerita rakyat Kyai Ageng Gribig di Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten. Data dalam penelitian ini adalah data yang berwujud informasi yang berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati tentang cerita rakyat Kyai Ageng Gribig di Kecamatan Jatinom Kabupaten Klaten. Sumber data penelitian ini berupa sumber data primer dan sumber data sekunder. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah juru kunci, penduduk asli, peristiwa dan lokasi. Sumber data sekunder yang berupa sumber tertulis yaitu berupa buku Riwayat Kyai Ageng Gribig di Jatinom Klaten. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan model analisis interaktif. Dalam model analisis interaktif terdiri dari empat kemampuan analisis yaitu: reduksi data, sajian data, pengumpulan data dan penarikan kesimpulan, aktivitasnya dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data sebagai proses silkus. Hasil penelitian ini adalah 1) bagaimana cerita rakyat Kyai Ageng Gribig, 2) fungsi cerita rakyat bagi masyarakatnya, yaitu: 1) sebagai sistem proyeksi, yakni sebagai alat pencerminan angan-angan suatu kolektif, 2) sebagai alat pengesahan pranata-pranata dan lembaga kebudayaan, 3) sebagai alat pendidikan keagamaan, 4) sebagai alat pemaksa agar norma-norma masyarakat akan selalu dipatuhi anggota kolektifnya. 3) fungsi cerita rakyat bagi masyarakatnya, yaitu: 1) sebagai sistem proyeksi, yakni sebagai alat pencerminan angan-angan suatu kolektif, 2) sebagai alat pengesahan pranata-pranata dan lembaga kebudayaan, 3) sebagai alat pendidikan keagamaan, 4) sebagai alat pemaksa agar norma-norma masyarakat akan selalu dipatuhi anggota kolektifnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cerita rakyat Kyai Ageng Gribig, fungsi cerita rakyat, dan nilai budaya cerita rakyat.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN0441 Literary History
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Nov 2008 02:37
Last Modified: 31 Jan 2011 05:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/642

Actions (login required)

View Item View Item