Analisis dan Penentuan Strategi Mitigasi Risiko pada Proses Produksi Produk Olahan Ubi Jalar (Ipomoea Batatas L) (Studi Kasus : UMKM Kelompok Wanita Tani “Murakabi” Kabupaten Karanganyar)

Sufiarso, Khoiruman Yusuf and , Hafidh Munawir, S.T., M.Eng and , Eko Setiawan, S.T., M.T., Ph (2018) Analisis dan Penentuan Strategi Mitigasi Risiko pada Proses Produksi Produk Olahan Ubi Jalar (Ipomoea Batatas L) (Studi Kasus : UMKM Kelompok Wanita Tani “Murakabi” Kabupaten Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (876kB)
[img] PDF (Halmana Depan)
HALAMAN AWAL.pdf

Download (732kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan)
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (534kB)

Abstract

Salah satu upaya untuk meningkatkan nilai jual ubi jalar dengan melakukan pengolahan menjadi makanan ringan seperti yang dilakukan UMKM Kelompok Wanita Tani “Murakabi”. Namun pada proses produksinya banyak ditemukan beberapa risiko yang sering dihadapai oleh UMKM Kelompok Wanita Tani “Murakabi”. Risiko merupakan suatu probabilitas ketidakpastian yang tidak diharapkan dalam sebuah situasi berupa ancaman yang dapat memepengaruhi kehidupan, properti serta keuntungan. Oleh sebab itu perlu dilakukan identifikasi risiko pada proses produksi produk olahan ubi jalar pada UMKM Kelompok Wanita Tani “Murakabi” serta menentukan strategi mitigasi risikonya. Dalam melakukan identifikasi risiko peneliti menggunakan metode Failure Mode and Effects Analysis (FMEA). FMEA adalah suatu metode untuk mengidentifikasi sebuah risiko untuk kemudian dilakukan pengelolaan risiko tersebut untuk meminimalkan atau menghilangkan dampak yang dapat disebabkan apabila risiko terjadi. Sedangkan dalam proses mitigasi risiko mengunakan metode Analytic Hierarcy Process (AHP). AHP adalah metode analisis keputusan yang menggunakan beberapa variabel dengan proses bertingkat. Secara sistematis penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi risiko pada proses produksi produk olahan ubi jalar dengan metode FMEA. Setelah itu melakukan proses penentuan mitigasi risiko dengan bantuan metode AHP. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan bahwa pada produk bakpia memiliki 15 risiko dengan 6 strategi mitigasi, produk timus dengan 16 risiko dan 6 strategi mitigasi, serta wingko dengan 22 risiko dan 7 strategi mitigasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karanganyar, Risiko, Mitigasi, FMEA, AHP.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: KHOIRUMAN YUSUF SUFIARSO
Date Deposited: 31 Jul 2018 06:46
Last Modified: 31 Jul 2018 06:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/64100

Actions (login required)

View Item View Item