PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN 2007-2008: BAHAN AJAR, METODE, DAN RESPON SISWA

Huda , Miftakhul (2008) PEMBELAJARAN SASTRA DI KELAS XI SMA NEGERI 1 SURAKARTA TAHUN 2007-2008: BAHAN AJAR, METODE, DAN RESPON SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310040026.pdf

Download (173kB)
[img] PDF
A310040026.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bahan ajar pelajaran sastra di SMA Negeri 1 Surakarta, memaparkan metode pengajaran sastra di SMA Negeri 1 Surakarta, dan memaparkan respon siswa terhadap pembelajaran sastra di SMA Negeri 1 Surakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa, dan proses pembelajaran sastra yang dilakukan di SMA Negeri 1 Surakarta kelas XI tahun ajaran 2007-2008. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaran sastra yang mencakup bahan ajar pelajaran sastra, metode pengajaran, dan respon siswa. Adapun pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, kuesiner, observasi partisipasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi, teknik deskriptif analisis dan teknik intuitif. Penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik penyajian informal. Berdasarkan Standar Kompetensi, pembelajaran sastra di SMA Negeri 1 Surakarta kelas XI, meliputi pembelajaran drama dan prosa. Drama diajarkan melalui beberapa bahan ajar, di antaranya adalah naskah drama, pementasan drama, analisis pementasan drama/rekaman drama, dan teks drama. Adapun prosa diajarkan melalui bahan ajar teks hikayat, novel Indonesia, dan novel terjemahan, serta pembacaan cerpen. Metode pengajaran sastra yang digunakan guru bervariasi. Hal tersebut berdasarkan bahan ajar. Metode itu di antaranya adalah ceramah, diskusi, tugas belajar, simulasi, latihan, sosiodrama, dan tanya-jawab. Respon siswa terhadap pembelajaran sastra dapat dilihat secara kelompok dan individu. Respon pembelajaran drama secara individu, di antaranya diwujudkan dengan membuat komik sederhana. Respon pembelajaran drama secara kelompok, di antaranya diwujudkan dengan membuat naskah drama dan membuat rekaman sandiwara. Pada pembelajaran prosa. Respon siswa terhadap pembelajaran dapat dilihat secara kelompok dan individu. Respon siswa secara individu terhadap pembelajaran prosa di antaranya diwujudkan dengan membuat cerpen dan membuat resensi novel. Respon siswa secara kelompok diwujudkan dengan diskusi kelompok tehadap materi prosa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran sastra, bahan ajar, metode, dan respon
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Nov 2008 04:45
Last Modified: 31 Jan 2011 05:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/637

Actions (login required)

View Item View Item