PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DAN DUKUNGAN SOSIAL

FIBRIANA, RIN (2009) PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI MOTIVASI BERPRESTASI DAN DUKUNGAN SOSIAL. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040169.pdf

Download (81kB)
[img] PDF
F100040169.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)

Abstract

Menunda merupakan hal yang dianggap wajar dan sering dilakukan oleh banyak orang. Akan tetapi perilaku menunda-nunda waktu dan pekerjaan mempunyai dampak yang cukup serius antara lain mampu menurunkan tingkat produktifitas seseorang, dan lebih lanjut kemudian merusak mental dan etos kerja seseorang. Prokrastinasi juga akan mengakibatkan rendahnya kualitas sumber daya manusia itu sendiri. Prokrastinasi akademik dilatar belakangi oleh banyak hal, diantaranya adalah motivasi berprestasi dan dukungan sosial. Mahasiswa yang memiliki motivasi berprestasi tinggi memiliki kemungkinan yang lebih kecil melakukan prokrastinasi akademik daripada mahasiswa yang kurang memiliki motivasi berprestasi, dan mahasiswa yang memiliki dukungan sosial yang tinggi cenderung lebih rendah melakukan prokrastinasi akademik. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dan motivasi berprestasi dengan proktastinasi akademik. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan antara motivasi berprestasi dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik. Subyek penelitian adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta berjumlah 155 orang. Teknik samplingnya adalah purposive random sampling, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dua prediktor Hasil analisis data dengan menggunakan teknik analisis regresi dua prediktor diperoleh nilai R sebesar 0,513 dan Fregresi sebesar 12,840 dengan p < 0,01, yang berarti ada hubungan yang sangat signifikan antara motivasi berprestasi dan dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik. Hal ini juga berarti variabel motivasi berprestasi dan dukungan sosial dapat dijadikan prediktor (variabel bebas) untuk memprediksikan atau mengukur prokrastinasi akademik. Motivasi berprestasi dan dukungan sosial secara bersama-sama memberikan konstribusi sebesar 26,3% dalam pembentukan prokrastinasi akademik. Hasil analisis data yang dilakukan terhadap hubungan antara motivasi dengan prokrastinasi akademik diperoleh nilai korelasi parsial rx1y = -0,490 dan R square = 0,241dengan p<0,05, yang berarti ada hubungan negatif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan prokrastinasi akademik, artinya semakin tinggi motivasi berprestasi seseorang maka semakin rendah prokrastinasi akademiknya, sedangkan motivasi berprestasi mempunyai sumbangan efektif sebesar 24,1% terhadap prokrastinasi akademik. Hasil analisis hubungan antara dukungan sosial dan prokrastinasi akademik diketahui rx2y = -0,399 dan R square = 0,159dengan p>0,05, artinya ada hubungan negatif yang tidak signifikan antara dukungan sosial dengan prokrastinasi akademik, hal ini juga menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara variabel dukungan sosial dan prokrastinasi akademik, dukungan sosial mempunyai sumbangan efektif sebesar 15,9% terhadap prokrastinasi akademik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prokrastinasi Akademik, Motivasi Berprestasi, dan Dukungan Sosial.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 17 Feb 2010 07:47
Last Modified: 15 Nov 2010 15:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6240

Actions (login required)

View Item View Item