Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Masyarakat (Studi di SMP Negeri 2 Candiroto dan SMP Muhammadiyah 5 Kandangan Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2016/2017)

Malik, Abdul and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd. and , Dr. Muthoifin, M.Ag. (2018) Implementasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Masyarakat (Studi di SMP Negeri 2 Candiroto dan SMP Muhammadiyah 5 Kandangan Kabupaten Temanggung Tahun Pelajaran 2016/2017). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Publikasi Ilmiah.pdf

Download (16MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
3. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
4. BAB I.pdf

Download (467kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (205kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
1. Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan Berbasis Masyarakat merupakan model pendidikan dari masyarakat, oleh masyarakat, dan untuk masyarakat yaitu pendidikan yang direncanakan, dilaksanakan, dinilai dan dikembangkan oleh masyarakat. Pendidikan berbasis masyarakat telah lama dikenal di Indonesia dalam bentuk lembaga pendidikan Islam, mulai dari rangkang, dayah, meunasah di Aceh, surau di Minangkabau, pesantren di Jawa, bustan al-atfal, diniyah dan sekolah-sekolah Islam lainnya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini meliputi: 1) Bagaimanakah implementasi pendidikan agama Islam berbasis masyarakat di SMP Negeri 2 Candiroto dan SMP Muhammadiyah 5 Kandangan? 2) Bagaimanakah dampak implementasi pendidikan agama Islam berbasis masyarakat di SMP Negeri 2 Candiroto dan SMP Muhammadiyah 5 Kandangan? 3) Apakah faktor pendukung dan penghambat implementasi pendidikan pendidikan agama Islam berbasis masyarakat di SMP Negeri 2 Candiroto dan SMP Muhammadiyah 5 Kandangan? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang disajikan secara deskriptif kualitatif dan menggunakan pendekatan Phenomenologis. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Validitas data dilakukan dengan triangulasi. Hasil analisis implementasi pendidikan agama Islam berbasis masyarakat di SMP Negeri 2 Candiroto dan SMP Muhammadiyah 5 Kandangan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pendidikan masih didominasi oleh peran guru dan kepala kepala sekolah sebagai Top Manager. Keterlibatan masyarakat dalam perencanaan pendidikan yaitu dengan memberikan masukan dan saran pelaksanaan pendidikan yang menekankan pada penguasaan baca-tulis al Quran dan shalat. Dalam pelaksanaan masyarakat terlibat pada event-event tertentu dalam pembelajaran maupun kegiatan bersifat keagamaan. Dan dalam evaluasi pendidikan, dilakukan oleh guru maupun kepala sekolah yang melaporkan pelaksanaan kepada masyarakat. Dampak yang muncul dalam implementasi pendidikan agama Islam berbasis masyarakat di SMP Negeri 2 Candiroto dan SMP Muhammadiyah 5 Kandangan kabupaten Temanggung terjalin simbiosis mutualisme antara sekolah dengan masyarakat, dan di sisi lain anggaran biaya pendidikan semakin besar. Faktor pendukung: kultur gotong-royong yang masih kuat mengakar dimasyarakat. Faktor penghambat Sumber Daya Manusia (SDM) dan ketersediaan dana untuk pendidikan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Pendidikan Berbasis Masyarakat; Peran Masyarakat.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: ABDUL MALIK
Date Deposited: 07 Apr 2018 07:11
Last Modified: 07 Apr 2018 07:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/61452

Actions (login required)

View Item View Item