ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN INFORMASI OBAT INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. RADEN SOEDJATI PURWODADI

HERLINA, DWI SETIYA (2009) ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN INFORMASI OBAT INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH Dr. RADEN SOEDJATI PURWODADI. Skripsi thesis, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
K100050063.pdf

Download (94kB)
[img] PDF
K100050063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (966kB)

Abstract

Rumah sakit selaku penyedia jasa dituntut untuk memberi pelayanan yang bermutu, oleh karena itu pelayanan kesehatan pemberian informasi obat yang diberikan harus berkualitas agar dapat memuaskan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan informasi obat yang diberikan di Instalasi Farmasi RSUD Dr. Raden Soedjati Purwodadi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan dilakukan secara observasional. Data diambil di Instalasi Farmasi RSUD Dr. Raden Soedjati Purwodadi dengan menggunakan kuesioner. Sampel yang digunakan sebanyak 331 responden diambil pada bulan maret sampai april 2009. Pemilihan sampel dengan metode purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode Servqual untuk mengetahui gap atau kesenjangan antara kinerja rumah sakit dengan harapan konsumen sedangkan metode diagram kartesius digunakan untuk mengidentifikasi prioritas perbaikan kinerja bagi rumah sakit. Berdasarkan hasil analisis gap diperoleh nilai kesenjangan (gap) dimensi tangible (-0.35), dimensi reliability (-0.45), dimensi responsiveness (-0.41), dimensi assurance (-0.40), dimensi emphaty (-0.37). Nilai gap negatif menunjukkan bahwa kinerja petugas di instalasi farmasi RSUD Dr Raden Soedjati Purwodadi tentang pelayanan pemberian informasi obat belum sesuai dengan harapan pasien Kata kunci : Kepuasan, Pelayanan Informasi Obat, Metode Servqual.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kepuasan, Pelayanan Informasi Obat, Metode Servqual.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Farmasi > Farmasi
Depositing User: Mrs Esti Handayani
Date Deposited: 10 Feb 2010 07:51
Last Modified: 13 Nov 2010 04:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6106

Actions (login required)

View Item View Item