PERENCANAAN DAN PEMBUATAN MESIN CENTRIFUGAL CASTING SERTA PENGUJIAN KEKERASAN UNTUK BAHAN FERRO DENGAN DUA VARIASI KECEPATAN

Kristianto, Arief (2008) PERENCANAAN DAN PEMBUATAN MESIN CENTRIFUGAL CASTING SERTA PENGUJIAN KEKERASAN UNTUK BAHAN FERRO DENGAN DUA VARIASI KECEPATAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
D200020038.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti proses pembuatan coran yang berbentuk silinder dengan menggunakan mesin centrifugal casting dan mengetahui nilai kekerasan hasil pengecoran centrifugal casting dengan pengujian kekerasan Rockwell. Bahan baku yang digunakan dalam proses pengecoran adalah kokas, batu kapur, dan besi cor bekas. Selain itu juga digunakan resin yang berfungsi sebagai pelapis dari cetakan agar benda hasil cor mudah dilakukan pembongkaran. Ada juga semen tahan api yang digunakan sebagai pelapis dalam saluran tuang agar dalam penuangan besi cor saluran tidak mengalami kebocoran. Sedangkan alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah tungku peleburan, mesin centrifugal casting hasil rancang bangun, alat penuang, dan cetakan. Proses pengecoran dengan mesin centrifugal casting ini mengacu pada standar ASTM A 667 dengan menggunakan dua variasi kecepatan yaitu 880,33 rpm dan 710,78 rpm. Pengujian kekerasan dilakukan menggunakan alat uji kekerasan Rockwell sesuai dengan standar ASTM E 18. Pengujian ini dilakukan pada tiga spesimen tiap benda dengan menggunakan lima titik indentasi pada posisi acak untuk setiap sampel uji Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan selama proses pembuatan coran dengan mesin centrifugal casting masih terdapat cacat yang terjadi pada benda hasil pengecoran dengan mesin centrifugal. Hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kecepatan putaran pada mesin, laju aliran logam cair, ukuran cetakan, dan tingkat viskositas dari logam cair. Sedangkan harga rata-rata kekerasan Rockwell besi cor kelabu dengan kecepatan 880,33 rpm adalah 37,91 HRC (368,94 HB), sedangkan untuk harga rata-rata kekerasan Rockwell dengan kecepatan 810,78 rpm adalah 44,01 HRC (412,28 HB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Centrifugal Casting, Kekerasan Rockwell, Putaran mesin.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 28 Oct 2008 07:26
Last Modified: 18 Feb 2011 09:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/600

Actions (login required)

View Item View Item