HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS DENGAN MINAT MEMBELI BAKPIA PATHOK 75 DI YOGYAKARTA

PURWANTO, HERI (2009) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI TERHADAP KUALITAS DENGAN MINAT MEMBELI BAKPIA PATHOK 75 DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040141.pdf

Download (482kB)
[img] PDF
F100040141.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (465kB)

Abstract

Nama makanan khas yang sudah terkenal dapat menarik minat membeli konsumen. Konsumen akan lebih puas apabila mendapat suatu produk yang asli. Memang agak sulit mengetahui alasan yang mendasari mengapa seseorang melakukan pembelian. Banyak sebab atau alasan yang melatar belakangi antara orang yang satu dengan yang lain akan berbeda dalam memberikan alasan mengapa melakukan pembelian suatu barang. Selain masalah karakteristik penjualnya dalam melayani pembeli, minat membeli yang terdapat dalam diri seseorang tidak terlepas dari hasil produk itu sendiri. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara persepsi terhadap kualitas dengan minat membeli Bakpia Pathok 75 di Yogyakarta,(2) persepsi terhadap kualitas Bakpia Pathok 75, (3) tingkat minat membeli Bakpia Pathok 75, (4) besar sumbangan efektif persepsi terhadap kualitas terhadap minat membeli Bakpia Pathok 75. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mengunjungi dan membeli makanan khas Yogyakarta di perusahaan Bakpia Pathok 75, Jl. Aip. Tubun Nomor 75 Yogyakarta. Sampel penelitian ini adalah masyarakat yang berkunjung secara individual di perusahaan Bakpia Pathok 75 (Hasil Wawancara dengan Dwi Yuniyati, Manager, Perusahaan Bakpia Pathok 75). Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Incidental sample. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode skala, yaitu skala persepsi terhadap kualitas dan skala minat membeli bakpia pathok 75 di yogyakarta. Analisis data menggunakan teknik product moment. Berdasarkan hasil analisis data dengan teknik korelasi product moment diperoleh kesimpulan, yaitu: (1) ada hubungan positif yang signifikan antara persepsi terhadap kualitas dengan minat membeli Bakpia Pathok 75 di Yogyakarta dengan rxy = 0,986 dengan p = 0,000 (p ≤ 0,01). (2) Tingkat persepsi terhadap kualitas produk (Bakpia Pathok 75) tergolong tinggi. (3) Tingkat minat membeli Bakpia Pathok 75 tergolong tinggi. (4) Besar sumbangan efektif persepsi terhadap kualitas terhadap minat membeli Bakpia Pathok 75 sebesar 0, 973 sehingga sumbangan persepsi terhadap kualitas barang sebesar 97,3% yang berarti masih terdapat 2,7% variabel-variabel lain yang mempengaruhi tingkat minat membeli Bakpia Pathok 75.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 05 Feb 2010 08:40
Last Modified: 15 Nov 2010 16:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5987

Actions (login required)

View Item View Item