HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 8 SURAKARTA

SUSILOWATI, ANIEK (2009) HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMA NEGERI 8 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040063.pdf

Download (65kB)
[img] PDF
F100040063.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)

Abstract

Banyak persoalan yang dapat mempengaruhi proses belajar pada siswa, diantaranya yaitu efikasi diri. Rendahnya efikasi diri pada siswa dapat berakibat penurunan kepercayaan diri, perhatian mudah beralih ke objek yang tidak relevan, penurunan konsentrasi, dan penurunan kemampuan individu untuk mempelajari hal baru. Keadaan tersebut akan berpengaruh terhadap prestasi belajarnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Hubungan antara efikasi diri dengan prestasi belajar; 2) Peran efikasi diri terhadap prestasi belajar pada subjek penelitian; 3) Tingkat efikasi diri pada subjek penelitian; 4) Tingkat prestasi belajar pada subjek penelitian. Hipotesis yang diajukan ada hubungan positif antara efikasi diri dengan prestasi belajar. Semakin tinggi efikasi diri maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar pada siswa, begitu pula sebaliknya semakin rendah efikasi diri pada siswa maka akan semakin rendah pula prestasi belajar pada siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Variabel bebas efikasi diri dan variabel tergantung prestasi belajar. Subjek penelitian adalah siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 8 Surakarta berjumlah 123 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan cluster random sampling. Alat ukur yang digunakan skala efikasi diri dan dokumentasi prestasi belajar. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi product moment. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar 0,415 dengan p = 0,000 (p < 0,01) artinya ada hubungan positif yang sangat signifikan antara efikasi diri dengan prestasi belajar. Sumbangan efektif efikasi diri terhadap prestasi belajar sebesar 17,1% Berdasarkan hasil analisis diketahui efikasi diri mempunyai rerata empirik sebesar 91,602 dan rerata hipotetik sebesar 92,5 yang berarti efikasi diri pada subjek penelitian tergolong sedang. Sedangkan prestasi belajar diketahui rerata empirik sebesar 70,699 yang berarti prestasi belajar pada subjek penelitian tergolong cukup baik

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efikasi diri, prestasi belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ken Retno Yuniwati
Date Deposited: 03 Feb 2010 08:59
Last Modified: 27 Oct 2011 07:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5956

Actions (login required)

View Item View Item