HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SELO KECAMATAN SELO KABUPATEN BOYOLALI

PAMULARSIH, ARNI (2009) HUBUNGAN STATUS GIZI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SELO KECAMATAN SELO KABUPATEN BOYOLALI. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
J300060019.PDF

Download (83kB)
[img] PDF
J300060019.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)

Abstract

Kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas yaitu SDM yang sehat, cerdas dan memiliki fisik yang tangguh serta produktif merupakan faktor utama yang diperlukan untuk melaksanakan pembangunan nasional. Gizi merupakan salah satu faktor penting yang menentukan tingkat kesehatan dan keserasian antara perkembangan fisik dan perkembangan mental. Penelitian ini termasuk penelitian survei observasional dengan pendekatan crossectional. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 siswa kelas 5 di Sekolah Dasar Negeri 2 Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan status gizi dengan prestasi belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 2 Selo, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali. Pengumpulan status gizi diperoleh dari data antropometri pengukuran berat badan menggunakan timbangan injak yang mempunyai tingkat ketelitian 0,5 kg dan pengukuran tinggi badan dengan microtoise yang mempunyai ketelitian 0,1 cm sedangkan prestasi belajar diperoleh dengan mengambil nilai rata-rata siswa semester I dan II. Uji statistik yang digunakan yaitu uji korelasi Pearson Product Moment. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa ada hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar siswa dengan p value 0,043. Status gizi yang normal sebanyak 86,7 % dan tidak normal 13,3 % sedangkan prestasi belajar yang baik sebanyak 26,7 % dan yang tidak baik sebanyak 73,3%. Sebagian besar siswa mempunyai status gizi normal menurut Depkes RI(2005) dengan menggunakan IMT menurut umur sehingga perlu untuk dipertahankan. Bagi pihak sekolah harus tetap memperhatikan status gizi siswa melalui sarana UKS dalam upaya mempertahankan status gizi siswa. Namun prestasi belajar siswa masih sangat perlu ditingkatkan selaras dengan siswa yang sebagian besar mempunyai status gizi normal.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Status Gizi, Prestasi Belajar
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 02 Feb 2010 08:46
Last Modified: 31 Oct 2011 05:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5923

Actions (login required)

View Item View Item