Studi Kelayakan Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH)Bendung Trani Kali Samin/Gembong Di Kabupaten Sukoharjo

Albastomiroji, Albastomiroji and , Hasyim Asy’ari, ST.MT and , Aris Budiman, S.T., M.T. and , Umar, S.T., M.T (2018) Studi Kelayakan Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH)Bendung Trani Kali Samin/Gembong Di Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat_Pernyataan.pdf

Download (500kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_ILMIAH_ALBASTOMIROJI_D400140101-4.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan Energi Nasional (KEN) diharapkan pada tahun 2020 sejumlah 5% kebutuhan listrik nasional disuplai dari sumber Energi Baru Terbarukan (EBT) yang di antaranya air, angin, sinar matahari, gelombang laut, bioenergi dll. Energi listrik bisa dihasilkan melalui air salah satunya berupa Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTMH). Potensi PLTMH di Jawa Tengah adalah sebesar 75.926 kW dan yang sudah dimanfaatkan adalah sebesar 69.832 kW atau 92% dari potensi. Sedangkan potensi yang belum dimanfaatkan sebesar 6.094 kW (sebesar 8% dari potensi yang ada). Rasio Elektrifikasi (RE) di Jawa Tengah saat ini telah mencapai 85.29% sehingga masih diperlukan upaya untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, melalui perluasan jaringan/ distribusi PLN dan pembangunan PLTMH. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung besarnya potensi daya terbangkit dari potensi air di Jawa Tengah untuk PLTMH khususnya Bendung Trani Kali Samin/Gembong di Kabupaten Sukoharjo. Oleh karena itu dilaksanakanlah studi kelayakan dengan beberapa metode yang digunakan untuk mencari headnett menggunakan google maps koordinat dan data debit air didapat menggunakan metode apung dengan mengalirkan botol plastik 600 mL berisi air setengah penuh pada jarak tertentu pada aliran sungai yang sudah diketahui kedalamannya dan diukur lebar sungainya. Hasil penelitian didapat potensi daya listrik Bendung Trani Kali Samin/Gembong dengan headnett 3 meter rata-rata potensi daya listrik yang dihasilkan sebesar 32,012 kW dan potensi daya listrik ini cenderung stabil sepanjang tahun.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bendung trani, debit air, headnett, PLTMH
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: ALBASTOMIROJI
Date Deposited: 31 Jan 2018 03:12
Last Modified: 31 Jan 2018 03:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/58717

Actions (login required)

View Item View Item