Perbandingan Angkutan Sedimen Hasil Erosi Lahan Dengan Pengukuran Angkutan Sedimen Langsung Di Lapangan Pada Das Kali Pepe

Aditya Permana, Rio and -, Purwanti Sri Pudyastuti., ST., MSc., Ph.D. and -, Ir. Jaji Abdurrosyid, MT. (2018) Perbandingan Angkutan Sedimen Hasil Erosi Lahan Dengan Pengukuran Angkutan Sedimen Langsung Di Lapangan Pada Das Kali Pepe. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah)
1. Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Publikasi Ilmiah)
2. Publikasi Ilmiah.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
3. Halaman Depan.pdf

Download (357kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Kali Pepe mempunyai panjang ± 45 km dari hulu hingga ke hilir. Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Pepe meliputi Kabupaten Boyolali, Sebagian Kabupaten Sukoharjo yaitu wilayah Kecamatan Kartasura dan wilayah Surakarta dimulai dari daerah Tirtonadi yang melewati wilayah-wilayah antara lain Kecamatan Banjarsari, Kecamatan Pasar Kliwon dan bermuara di Sungai Bengawan Solo. Salah satu permasalahan sumber daya air yang harus dikaji di Kali Pepe adalah tingkat laju erosi dan sedimentasi. Berdasarkan permasalahan tersebut, untuk mengetahui dan mengestimasi besarnya pengaruh erosi dan sedimentasi yang terjadi di DAS Kali Pepe. Pada penelitian tesis ini penulis akan melakukan penelitian berupa perbandingan analisis angkutan sedimen menggunakan data hasil pengukuran langsung di lapangan yang diuji di laboratorium serta analisis erosi lahan dengan menggunakan data pendukung dari PSDA Bengawan Solo. Metode perhitungan untuk besar sedimen dasar (bed load) menggunakan teori persamaan Einstein, Kalinske, Meyer Peter and Muller, dan Frijlink, sedang untuk menghitung besar sedimen melayang (suspended load) menggunakan teori persamaan Einstein, Kalinske, Brooks dan teori Leopold Maddock. Serta analisis erosi lahan menggunakan metode the Universal Soil Loss Equation (USLE). Hasil penelitian angkutan sedimen hasil erosi lahan menunjukkan angka 960,644 ton/ha/tahun (Sub DAS Kali Pepe) dan 609,004 ton/ha/tahun (DAS Kali Pepe), hal tersebut menunjukan erosi yang terjadi di DAS Kali Pepe masuk dalam kategori V/ sangat berat. Dari Hasil penelitian tersebut juga dapat disimpulkan bahwa erosi lahan merupakan salah satu komponen dari angkutan sedimen, Dalam kasus DAS Kali Pepe ini ditemukan bahwa ratio rata-rata erosi lahan dengan kombinasi metode persamaan angkutan sedimen total adalah 1,00 : 2,00; dengan ratio tertinggi antara erosi lahan 0,4105 kg/ detik dengan kombinasi metode MPM-Leopold Maddock 1,16892 kg/ detik yaitu 1,00 : 3,00.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: DAS, Erosi, USLE, sedimen dasar, sedimen melayang, ratio
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: RIO ADITYA PERMANA
Date Deposited: 05 Feb 2018 07:29
Last Modified: 05 Feb 2018 07:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/58625

Actions (login required)

View Item View Item