APLIKASI WEBGIS PENCARIAN RUTE TERPENDEK UNTUK LOKASI PASAR TRADISIONAL KOTA SURAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN PHPMAPSCRIPT, MAPSERVER, POSTGIS DAN PGROUTING

Solikin, Muhammad (2008) APLIKASI WEBGIS PENCARIAN RUTE TERPENDEK UNTUK LOKASI PASAR TRADISIONAL KOTA SURAKARTA DENGAN MENGGUNAKAN PHPMAPSCRIPT, MAPSERVER, POSTGIS DAN PGROUTING. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
D400040045.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Perdagangan pada jaman sekarang merupakan suatu yang mutlak dilakukan oleh siapapun, apalagi dengan adanya sistem pasar bebas yang membolehkan siapa saja tanpa ada perbedaan. Hal ini mempengaruhi akan eksistensi pasar tradisional yang ada di Indonesia. Oleh karenanya diperlukan suatu layanan manajemen yang bagus agar para konsumen tidak meninggalkan pasar tradisional. Salah satu layanan yang dapat disediakan adalah layanan pencarian rute terpendek menuju lokasi pasar tradisional yang berbasis internet. Hal ini dapat membantu para pengguna pasar tradisional dalam menuju lokasi pasar, sehingga terjadi penghematan waktu dan beaya perjalanan dalam menuju lokasi pasar tradisional. Layanan yang lain bisa berupa sistem informasi harga bahan-bahan pokok yang up to date. Hal ini akan lebih menarik bila disajikan dalam bentuk perbandingan antara pasar tersebut. Pada Tugas Akhir ini menyediakan layanan sistem informasi harga bahan pokok dengan menggunakan visualisasi grafik yang dinamis. Tugas akhir ini bertujuan untuk membangun aplikasi webgis pencarian rute terpendek untuk menuju lokasi pasar tradisional yang ada di kota Surakarta. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan fungsi pgrouting yang diinstall pada modul Postgis dengan menggunakan server basis data Postgresql. Untuk merancang sistem webgis, penulis menggunakan Mapserver dengan antarmuka PHPMapscript. Dan untuk menampilkan grafik yang dinamis, penulis menggunakan Pustaka GD yang ada pada Bahasa pemrograman PHP.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: rute terpendek, webgis, grafik dinamis
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 16 Oct 2008 03:20
Last Modified: 21 Feb 2011 05:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/583

Actions (login required)

View Item View Item