Analisis Propertis Marshall Dan ITS Campuran Aspal Emulsi Hangat Menggunakan Bahan RAP Dan Portland Cement

Jaya, Bayu Kurniawan and -, Ir. Sri Sunarjono, M.T, Ph.D, (2017) Analisis Propertis Marshall Dan ITS Campuran Aspal Emulsi Hangat Menggunakan Bahan RAP Dan Portland Cement. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Bab II)
3. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab III)
4. BAB III LANDASAN TEORI qqq.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (659kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab IV)
5. BAB IV METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab V)
6. BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab VI)
7. BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB) | Request a copy
[img] PDF (Daftar Pustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (550kB)
[img] PDF (surat pernyataan)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab I)
2. BAB I PENDAHULUAN NEW.pdf

Download (231kB)
[img] PDF (Halaman depan)
1. HALAMAN DEPAN NEW.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
11. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN NEW.pdf

Download (8MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB) | Request a copy

Abstract

CAED adalah metode pencampuran yang umum untuk bahan daur ulang bahan RAP dengan aspal emulsi, namun pengaplikasian yang terbatas pada volume lalu lintas rendah hingga sedang, namun bila diaplikasikan pada volume lalu lintas tinggi tidak dapat dipastikan apakah mampu menahan beban rencana. CAEH sebagai daur ulang RAP dengan penambahan fresh aggregate dan PC diharap mampu menjadi solusi dari masalah tersebut, dengan pengujian terhadap propertis Marshall untuk memperoleh karakteristik campuran dengan menggunakan spesifikasi HMA dan parameter ITS untuk meninjau kemampuan campuran menahan kuat tarik tidak langsung pada umumnya menyebabkan retak fatigue. Penelitian yang dilakukan yaitu analisis propertis Marshall dan ITS campuran aspal emulsi hangat menggunakan bahan RAP dan Portland Cement. Diawali dengan pemeriksaan bahan RAP dan fresh aggregate, aspal yang digunakan adalah aspal emulsi tipe CSS-1 dengan spesifikasi dari PT. IZZA Sarana Karsa Sidoharjo yang mengacu pada spesifikasi Bina Marga 2010 Revisi 3. Kemudian membuat rancangan gradasi, estimasi aspal emulsi yang digunakan dan penambahan air, menentukan suhu pencampuran CAEH, lalu pembuatan benda uji dengan variasi penambahan persen RAP 30%, 50%, 70%, dan 100% dan penambahan bahan penstabil PC dengan persentase 1,5% dengan suhu pencampuran 105°C dan dilakukan pengujian propertis Marshall test dan parameter ITS. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap analisis propertis Marshall dan ITS campuran aspal emulsi hangat menggunakan bahan RAP dan Portland Cement menunjukan dengan variasi penggunaan RAP 30%, 50%, 70%, dan 100% dan penambahan PC 1,5% didapat nilai optimum pada variasi RAP 70%, dan penambahan PC berpengaruh positif terhadap propertis Marshall dan berpengaruh negatif pada parameter ITS, sedangkan untuk pengujian void pada CAEH karakteristik Volumetrik menunjukan nilai yang semakin mendekati spesifikasi yang digunakan, sehingga nilai yang didapat semakin baik dengan bertambahnya persen RAP dan penambahan PC. Hal ini ditunjukan dengan MQ tanpa PC 26,69 kg/mm; 39,85 kg/mm; 51,13 kg/mm; 47,56 kg/mm dan dengan PC 42,62 kg/mm; 64,44 kg/mm; 73,03 kg/mm; 46,34 kg/mm sedangkan hasil pengujian parameter ITS tanpa PC 154,45 Kpa; 228,56 Kpa; 323,60 Kpa; 280,22 Kpa dan dengan PC 123,70 Kpa; 138,06 Kpa; 148,34 Kpa; 110,37 Kpa sedangkan hasil pengujian VIM tanpa PC 10,78%; 10,67%; 7,14%; 5,09% dan dengan PC 10,21%; 7,37%; 6,32%; 7,04%

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CAEH (Campuran Aspal Emulsi Hangat), RAP (Reclaimed Asphalt Pavement), PC (Portland Cement), Marshall test, dan ITS (Indirect Tensile strength).
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: BAYU KURNIAWAN JAYA
Date Deposited: 20 Jan 2018 04:01
Last Modified: 20 Jan 2018 04:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/58297

Actions (login required)

View Item View Item