“ANALISIS PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN” (Studi pada Alfamart Suraka

SOMAD, ABDUS (2009) “ANALISIS PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN” (Studi pada Alfamart Suraka. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100050170.pdf

Download (200kB)
[img] PDF
B100050170.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh citra perusahaan pada loyalitas pelanggan, menguji pengaruh kepuasan pelanggan pada loyalitas pelanggan dan menguji perbedaan status keanggotaan pelanggan pada hubungan variabel citra perusahaan dan kepuasan pelangan pada loyalitas pelanggan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat digunakan sebagai informasi dan pedoman dalam penentuan strategi menjaga hubungan pelanggan. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi (R2) dan uji beda (t-test). Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan di Alfamart Surakarta yang memiliki member card dan tidak memiliki member card. Sampel dalam penelitian ini adalah 150 pelanggan di Alfamart Surakarta dengan non probability sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa untuk konsumen yang memiliki member card, citra swalayan diperoleh nilai thitung = 2,342 > 1,997; sehingga secara individu berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Alfamart untuk konsumen yang memiliki member card di Alfamart. Kepuasan konsumen diperoleh nilai thitung = 1,975 < 1,997; sehingga secara individu tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Alfamart untuk konsumen yang memiliki member card di Alfamart. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 21,626 > 3,15; sehingga kepuasan konsumen dan citra swalayan secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Alfamart untuk konsumen yang memiliki member card di Alfamart. Pada konsumen yang tidak memiliki member card, citra swalayan diperoleh nilai thitung = 3,977 > 1,990; sehingga secara individu berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Alfamart untuk konsumen yang tidak memiliki member card di Alfamart. Kepuasan konsumen diperoleh nilai thitung = 0,716 < 1,990; sehingga secara individu tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen pada Alfamart untuk konsumen yang tidak memiliki member card di Alfamart. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh Fhitung = 29,813 > 3,15; sehingga kepuasan konsumen dan citra swalayan secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas konsumen pada Alfamart untuk konsumen yang tidak memiliki member card di Alfamart. Berdasarkan uji beda diketahui bahwa terdapat perbedaan kepuasan konsumen, citra swalayan dan loyalitas konsumen citra swalayan menurut persepsi konsumen yang memiliki member card dengan yang tidak memiliki member card.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kepuasan konsumen, citra swalayan, loyalitas konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 27 Jan 2010 08:26
Last Modified: 15 Nov 2010 18:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5822

Actions (login required)

View Item View Item