UMS ETD-db

PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI: APLIKASI BECKER’S SIDE BET –THEORY OF COMMITMENT (Survei pada Karyawan Universitas Sebelas Maret)

Ariyanto, Kusman (2008) PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU TERHADAP KOMITMEN ORGANISASI: APLIKASI BECKER’S SIDE BET –THEORY OF COMMITMENT (Survei pada Karyawan Universitas Sebelas Maret). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

1MB

Abstract

Hubungan antara karakteristik individu terhadap komitmen organisasi masih menjadi permasalahan yang menarik untuk di teliti, hal ini dikarenakan adanya kontradiksi antara hasil penelitian yang satu dengan yang lainnya. Untuk itu peneliti mencoba meneliti ulang dengan melakukan penelitian pada pengaruh karakteristik individu terhadap komitmen organisasi: Aplikasi becker’s Side Bet- Theory Of Comitment. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh karakteristik individu yang terdiri dari: umur, jenis kelamin, masa kerja, pendidikan, jabatan, status pernikahan, dan jumlah tanggungan, terhadap komitmen organisasi para karyawan pemerintah. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah karyawan administrasi di Universitas Sebelas Maret. Dari kuestioner yang telah disebarkan di dapat sampel yang layak untuk dianalisi sebanyak 136 kuestioner, akan tetapi setelah dilakukan uji normalitas ternyata hanya 114 Kuestioner yang dapat mendukung analisis regresi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Analisis ini digunakan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh variabel karakteristik individu yang terdiri dari: umur, jenis kelamin, masa kerja, pendidikan, jabatan, status pernikahan, dan jumlah tanggungan terhadap variabel komitmen organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji t untuk variabel umur, jenis kelamin, masa kerja, jabatan, status pernikahan, jumlah tanggungan terdukung secara statistik, sehingga variabel yang tersebut diatas berpengaruh terhadap komitmen organisasi karyawan pemerintah. Sedangkan untuk variabel pendidikan tidak terdukung secara statistik, sehingga tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasi karyawan pemerintah.

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:B200040136
Uncontrolled Keywords:Komitmen Organisasi, Karakteristik Individu
Subjects:H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
Divisions:Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
ID Code:58
Deposited By: Ari Fatmawati
Deposited On:02 Jul 2008 04:50
Last Modified:09 May 2011 05:51

Repository Staff Only: item control page