Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Dan Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 6 Gemolong Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017

MUZAID, AHMAD and , Dr. Sudarno Shobron, M.Ag and , Dr. Muthoifin, M.Ag (2018) Penerapan Pembelajaran Kontekstual Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 3 Dan Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 6 Gemolong Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017. Thesis thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (500kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB) | Request a copy
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI ILMIAH.pdf

Download (199kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kontekstual pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah 3 dan SMK Muhammadiyah 6 Gemolong Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017. (2) menganalisis kelebihan-kelebihan dari penerapan pembelajaran kontekstual pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah 3 dan SMK Muhammadiyah 6 Gemolong Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017. (3) menganalisis hambatan dalam penerapan pembelajaran kontekstual pendidikan agama Islam di SMK Muhammadiyah 3 dan SMK Muhammadiyah 6 Gemolong Sragen Tahun Pelajaran 2016/2017 serta solusi penyelesaiannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilakukan di SMK Muhammadiyah 3 dan SMK Muhammadiyah 6 Gemolong Sragen. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran kontekstual Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 3 dan 6 Gemolong, dilaksanakan berdasarkan kurikulum dan silabus yang telah ditetapkan, yang dijabarkan dalam bentuk RPP oleh guru pendidikan agama Islam. Pelaksanaan pembelajaran kontekstual dilaksanakan dengan memperhatikan aspek (1) Constructivism, (2) Inquiry, (3) Questioning (Bertanya), (4) Learning Community (Masyarakat Belajar), (5) Modeling (Pemodelan), (6) Reflection (Refleksi), dan (7) Penilaian produk (kinerja). Kelebihan dari pembelajaran kontekstual pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu: (1) Proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan riil (2) Metode pembelajaran kontekstual menuntut siswa untuk menemukan pengetahuan sendiri (3) siswa lebih berpartisipasi dalam mengikuti pembelajaran, (4) pembelajaran tidak terbatas pada ruang kelas, (5) pembelajaran yang dilakukan di luar ruang kelas lebih menyenangkan dan tidak membosankan, (6) siswa bebas untuk menemukan pengetahuan sendiri. Hambatan dalam pembelajaran kontekstual pendidikan agama Islam (1) Proses pembelajaran kontekstual memerlukan waktu yang cukup lama, (2) Guru masih sulit untuk mengendalikan siswa khususnya dalam proses kontruktivisme. (3) Untuk melaksanakan proses perpindahan dari pengamatan, yang dilakukan oleh siswa, menjadi pemahaman, tidak mudah (4) Siswa sering kurang memahami dan tidak siap untuk belajar menemukan permasalaha, sehingga proses pembelajaran berikutnya menjadi terganggu.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: penerapan; pembelajaran kontekstual; pendidikan agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with username o100160003
Date Deposited: 06 Jan 2018 08:38
Last Modified: 13 Jan 2018 02:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/57998

Actions (login required)

View Item View Item