PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERCETAKAN “CV. CAHAYA ALAM” SURAKARTA

HADI, DHEDHY YASIRUL (2009) PENGARUH SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PERCETAKAN “CV. CAHAYA ALAM” SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B100040182.pdf

Download (60kB)
[img] PDF
B100040182.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (313kB)

Abstract

Mencermati di Negara kita sekarang ini, dampak dari krisis ekonomi masih menyisakan berbagai masalah bagi perusahaan. Sehingga banyak perusahaan di Indonesia gulung tikar atau tidak mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya. Dalam hal melakukan persaingan, perusahaan harus menerapkan strategi pemasaran yang efektif, perusahaan juga harus dapat menyesuaiakan dengan kondisi pasar yang dihadapi oleh perusahaan sehingga strategi pemasaran dapat berhasil. Keberhasilan strategi pemasaran dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain : riset dan analisis pasar, keputusan tentang produk, penetapan harga, distribusi dan promosi. Distribusi merupakan salah satu dari unsur strategi pemasaran. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pengaruh distribusi serta efektifitasnya terhadap volume penjualan di CV. Cahaya Alam Surakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah data volume penjualan (variabel dependent) dan data biaya distribusi langsung dan tidak langsung (variabel independent) pada tahun 2003 sampai 2007 di perusahaan percetakan CV. Cahaya Alam Surakarta. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan alat analisa regresi linier berganda menunjukkan bahwa untuk variabel yang secara signifikan berpengaruh terhadap volume penjualan adalah biaya saluran distribusi langsung (X1) dan biaya saluran distribusi tidak langsung (X2). Hal ini ditunjukkan dengan nilai signifikan t pada variabel distribusi langsung sebesar 0,043 dan distribusi tidak lansung sebesar 0,001 signifikan pada tingkat kepercayaan sebesar 95%. Dari variabel biaya distribusi langsung dan tidak langsung secara bersama-sama berpengaruh terhadap volume penjualan. Dari hasil analisis di atas yang mempunyai pengaruh paling kuat dalam meningkatkan volume penjualan adalah distribusi tidak langsung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SALURAN DISTRIBUSI, VOLUME PENJUALAN
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 26 Jan 2010 07:52
Last Modified: 15 Nov 2010 18:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5768

Actions (login required)

View Item View Item