Pembuatan Aplikasi "Wijaya Kusuma" untuk Murid Sekolah Dasar di SDN 01 Popongan

Pangesthi, Wisnu Probo and , Bana Handaga, S.T.,M.T.,P.h.D (2017) Pembuatan Aplikasi "Wijaya Kusuma" untuk Murid Sekolah Dasar di SDN 01 Popongan. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Puulikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah)
Surat Pernyataan Publikasi Ilmiah.pdf

Download (261kB)

Abstract

Abstrak Pembelajaran adalah sebuah proses komunikasi antara pembelajar, pengajar dan bahan ajar. Komunikasi tidak akan berjalan tanpa bantuan sarana penyampaian pesan atau media. Penyampaian pesan pembelajaran dari guru kepada siswa saat ini sudah mengalami banyak perkembangan, yang semulai hanya berupa lisan dan tulisan sekarang sudah menjadi model pembelajaran berbasis mutimedia (E – Learning). Merujuk pada hal ini peneliti merancang dan membuat sebuah media pembelajaran sebagai sarana pembelajaran interaktif untuk mempejari Bahasa Jawa bagi siswa sekolah dasar di SDN 01 Popongan. Peneliti menggunakan metode research and development dalam melakukan penelitian. Metode research and development yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, serta menguji keefektifan produk. Perancangan dan pembangunan sistem dilakukan dengan pembuatan flowchart penelitian dan mengimplementasikannya menggunakan aplikasi Construct 2D. Hasil yang nantinya akan digunakan sebagai media pembelajaran tambahan bagi murid – murid di SDN 01 Popongan, Karanganyar. Kata Kunci : Bahasa Jawa, media pembelajaran Abstract Learning is a process of communication between learners, teachers and teachingmaterials. Communication will not run without the help of a means of delivering a message or media. Delivery of messages from teacher to student learning has experienced a lot of growth, which is its home only in the form of spoken and written is now a multimedia-based learning model (E - Learning). Referring to this case the researchers to design and create a learning media as an interactive learning tool for mempejari Java language for elementary school students at SDN 01 Popongan. Researchers used methods of research and development in conducting research. Methods of research and development that the research methods used to produce a particular product, as well as test the effectiveness of the product. The design and construction of the system is done with flowcharts research and implement it using 2D Construct application. The results will be used as a medium for students with additional learning - students at SDN 01 Popongan,Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Java language, learning media
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Teknik Informatika
Depositing User: WISNU PROBO PANGESTHI
Date Deposited: 10 Nov 2017 07:37
Last Modified: 18 Nov 2019 04:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/57529

Actions (login required)

View Item View Item