PENERAPAN METODE SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUSUK BOYOLALI

HANDAYANI, ENI (2009) PENERAPAN METODE SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 MUSUK BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310050227.PDF

Download (443kB)
[img] PDF
A310050227.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran bahasa Indonesia dengan metode SQ3R sebagai upaya penerapan keterampilan membaca siswa kelas VIII E SMP N I Musuk Boyolali tahun ajaran 2008/2009. Keterampilan membaca siswa meliputi peningkatan kualitas proses membaca pemahaman melalui metode SQ3R dan peningkatan kualitas hasil belajar dalam membaca pemahaman dengan metode SQ3R. Objek penelitian ini siswa kelas VIII E SMP N I Musuk Boyolali. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, pengamatan, dokumentasi. Wawancara dilaksanakan dengan guru bidang studi dan kepala sekolah dilakukan mulai dialog awal sampai penyimpulan hasil penelitian. Pengamatan atau observasi dilakukan selama tindakan berlangsung. Dokumentasi, yaitu materi membaca, rencana pembelajaran, kurikulum yang berlaku, dan hasil kegiatan membaca siswa. Prosedur penelitian ini didasarkan pada prosedur penelitian tindakan kelas yaitu: (1) perencanaan (2) pelaksnaan (3) pengamatan (4) refleksi. Hasil penelitian ini, yakni terdapat peningkatan keterampilan membaca siswa yang meliputi peningkatan kualitas proses membaca pemahaman dengan metode SQ3R pada siswa kelas VIII E SMP N I Musuk Boyolali, yaitu sebagai berikut; keaktifan peserta didik siklus I dilihat dari aspek (1) kemampuan bertanya 25%, (2) kemampuan mengerjakan latihan 45% (3) kemampuan maju kedepan 22,2%. Siklus II dilihat dari aspek (1) kemampuan bertanya 29,27%, (2) kemampuan mengerjakan latihan 56,09% (3) kempuan maju kedepan 29,27%.Siklus III dilihat dari aspek (1) kemampuan bertanya 43,90%, (2) kemampuan mengerjakan latihan 85,36% (3) kemampuan maju kedepan 56,09%. Adapun peningkatan kualitas hasil membaca pemahaman ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan hasil belajar dalam pembelajaran kegiatan belajar mengajar, yaitu pada siklus I mencapai 85% (10 peserta didik), kemudian meningkat pada siklus II menjadi 90% (16 peserta didik), dan siklus III mengalami peningkatan yaitu 100% (20 peserta didik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode SQ3R, keterampilan membaca
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 25 Jan 2010 08:34
Last Modified: 13 Nov 2010 04:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5750

Actions (login required)

View Item View Item