PENGUASAAN KOSAKATA DAN KEMAMPUAN MENGARANG NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI III JATISRONO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2008/2009

Wahyuni, Sri (2009) PENGUASAAN KOSAKATA DAN KEMAMPUAN MENGARANG NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI III JATISRONO WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310050210.PDF

Download (38kB)
[img] PDF
A310050210.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) memperoleh deskripsi objektif penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri III Jatisrono; (2) memperoleh deskripsi secara objektif kemampuan mengarang narasi siswa kelas VII SMP Negeri III Jatisrono. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri III Jatisrono. Bentuk dan strategi penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yakni Guru bidang studi Bahasa dan Sastra Indonesia kelas VII A dan siswa kelas VII berjumlah 48 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, tes, teknik analisis data dalam penelitian ini yakni Reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan dengan pendekatan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian terdapatnya peningkatan keterampilan menulis karangan narasi yang dimiliki siswa kelas VII A SMP Negeri III Jatisrono. Dengan indikator: (1) siswa terlihat tertarik atau antusias mengikuti pembelajaran mengarang narasi; (2) siswa terlihat memperhatikan pelajaran dengan serius, tidak ada lagi siswa yang berbicara sendiri atau mengerjakan hal lain yang tidak berhubungan dengan pelajaran yang sedang berlangsung, (3) selama proses belajar-mengajar, siswa terlihat aktif dalam arti mereka tampak banyak merespon pertanyaan maupun tugas yang diberikan oleh guru, (4) siswa terlihat rileks, (5) kesempatan siswa untuk ikut serta menjawab pertanyaan mereka; (6) kegiatan mengarang narasi yang diperintahkan oleh guru kepada siswa dilakukan secara individu: (7) kemampuan siswa dalam mengarang narasi juga terlihat meningkat. Sedangkan nilai pada siklus kedua lebih baik daripada siklus pertama terlihat dari kondisi (1) guru sudah mampu mengelola kelas dengan baik; (2) guru sudah mampu untuk mengembangkan materi yang akan diajarkan pada siswa dengan baik; (3) guru sudah memahami sepenuhnya manfaat mengarang narasi bagi siswa; (4) guru sudah mulai menyadari bahwa tugas guru tidak hanya sebagai seorang pengajar, tetapi juga sebagai orang yang memotivasi siswa agar mau aktif dalam pembelajaran; (5) guru mulai menyadari perlunya suatu evaluasi terhadap proses pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kosakata, narasi, mengarang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 25 Jan 2010 08:22
Last Modified: 13 Nov 2010 04:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5747

Actions (login required)

View Item View Item