PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUTDOOR STUDY) DI NDAYU PARK PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2008 / 2009

DEWI, NIKEN MUTIARA (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN LUAR KELAS (OUTDOOR STUDY) DI NDAYU PARK PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 KARANGMALANG SRAGEN TAHUN AJARAN 2008 / 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310050196.PDF

Download (39kB)
[img] PDF
A310050196.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) mengetahui peningkatan keberhasilan proses pembelajaran menulis dengan penerapan pendekatan pembelajaran luar kelas (Outdoor Study) pada siswa kelas VII A SMP N 2 Karangmalang Sragen, (2) Mengetahui peningkatan keterampilan menulis dengan penerapan pendekatan pembelajaran luar kelas (Outdoor Study) pada siswa kelas VII A SMP N 2 Karangmalang Sragen. Subyek dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Karangmalang Sragen. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 2 Karangmalang Sragen. Sumber data dalam penelitian ini adalah peristiwa dalam proses belajar keterampilan menulis, guru dan siswa kelas VII A SMP N 2 Karangmalang Sragen, dan dokumen berupa foto, angket minat, dan RPP. Teknik pengumpulan data diambil dengan menggunakan metode wawancara, observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) penerapan pendekatan pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study) dapat meningkatkan keberhasilan proses pembelajaran menulis, hal ini ditandai dengan meningkatnya keaktifan, minat, motivasi dan konsentrasi siswa yang telah diamati pada tiap siklusnya, (2) penerapan pendekatan pembelajaran di luar kelas (Outdoor Study) dapat meningkatkan siswa dalam menulis.hal ini ditandai dengan nilai menulis siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Pada siklus I nilai perolehan terendah siswa adalah 42 dan tertinggi 76. Pada silkus II, dari hasil tes menulis terdapat peningkatan nilai menulis siswa, nilai perolehan terendah siswa adalah 50 dan tertinggi adalah 86. Pada siklus III, dari hasil tes menulis terdapat peningkatan nilai menulis siswa. Nilai perolehan terendah siswa adalah 65an tertinggi adalah 90.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Outdoor Study, menulis deskripsi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 25 Jan 2010 08:07
Last Modified: 13 Nov 2010 04:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5744

Actions (login required)

View Item View Item