PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MENGGUNAKAN MEDIA TEKS BACAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII- F SMP NEGERI 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO

SETYAWAN, RUDY DHAMAR (2009) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MENGGUNAKAN MEDIA TEKS BACAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII- F SMP NEGERI 2 GATAK KABUPATEN SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310050178.PDF

Download (121kB)
[img] PDF
A310050178.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Teks bacaan merupakan salah satu media pendidikan. Untuk mengembangkan keterampilan menyimak siswa. Media adalah alat (sarana) komunikasi seperti koran, majalah, radio, televisi, film, poster, dan sepanduk. Penelitian ini bertujuan Mengetahui kemampuan peserta didik setelah mengikuti pembelajaran menyimak dengan teknik menjawab pertanyaan menggunakan media teks bacaan, Menjabarkan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran pada keterampilan menyimak dengan menggunakan media teks bacaan., Menjelaskan bagaimana tanggapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dengan teknik menjawab pertanyaan menggunakan media teks bacaan. Objek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 2 Gatak Kabupaten sukoharjo. Wujud kongkrit upaya guru meningkatkan prestasi menyimak siswa dengan media teks bacaan. Sumber data penelitian ini diperoleh langsung dari peserta didik kelas VII-F SMP Negeri 2 Gatak Kabupaten Sukoharjo dan hasil menjawab pertanyaan setelah kegiatan menyimak berlangsung dari peserta didik krlas VII-F SMP Negeri 2 Gatak Kabupaten Sukoharjo. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data secara deskripsi kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tes menjawab pertanyaan dari kegiatan menyimak dengan menggunakan media teks bacaan yang berbeda mengalami peningkatatan daripada menggunakan media teks bacaan argumentasi dan setelah menggunakan teks bacaan narasi. Terlihat dari peningkatan nilai rata-rata dari 62,54 % sebelum menggunakan media teks bacaan narasi menjadi 80,25%. Setelah menggunakan media teks bacaan narasi peserta didik lebih mudah mengerti dalam menjawab soal pertanyaan setelah mereka menyimak mteks bacaan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan media teks bacaan narasi lebih mudah dimengerti dan dapat meningkatkan kemampuan menyimak peserta didik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Teks bacaan, media, dan menyimak.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 25 Jan 2010 07:56
Last Modified: 13 Nov 2010 04:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5741

Actions (login required)

View Item View Item