PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI ANTARA METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SURAKARTA

SAFITRI , Reri Ogi (2009) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN EKONOMI ANTARA METODE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050134.pdf

Download (528kB)
[img] PDF
A210050134.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS siswa kelas X SMA Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2008/2009 yang diajarkan dengan metode pembelajaran Problem Based Learning dengan metode pembelajaran konvensional. Dalam penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian eksperimen. Variabel bebas dijadikan sebagai variabel eksperimen, variabel peneybab atau variabel perlakuan yang karakteristiknya diyakini dapat menghasilkan perbedaan, sedangkan variabel terikat atau variabel akibat merupakan hasil dari suatu penelitian. Dikatakan terikat karena tergantung atas variabel bebas. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Surakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 2 kelas diantara 6 kelas, yaitu kelas X-5 sebagia kelas eksperimen dan X-13 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 37 siswa, jadi sampel dalam penelitian ini adalah 74 siswa. Data diolah dengan menggunakan program SPSS for Window V. 11.5. sebelum dilakukan uji hipotesis terlebih dahulu dilakukan pengujian instrumen validitas, reliabilitas, diketahui data valid dan reliabel serta dilakukan uji normalitas dan homogenitas data terdistribusi normal dan linier. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa peningkatan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran danpenguasaan konsep agar hasil belajar memuaskan diperlukan suatu metode pembelajaran yang mampu mengaktifkan siswa dalam pembelajaran, diantaranya metode pembelajaran Problem Based Learning (PBL). PBL merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagia lagnkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengatahuan baru. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan metode pembelajarn Problem Based Learning dengan metode pembelajaran konvensional ditunjukkan oleh nilai t hitung sebesar 10.759 dikonsultasikan dengan t tabel pada level signifikansi sebesar 0,05 untuk n 37 sebesar 2.021 atau 10.759 > 2.021.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, Metode problem Based Learning, metode konvensional
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2010 05:52
Last Modified: 16 Apr 2011 04:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5726

Actions (login required)

View Item View Item