PENGARUH KEMANDIRIAN SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS DAN PERSEPSI SISWA TENTANG GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIMO TAHUN AJARAN 2008 / 2009

PATMAWATI , ATIK YUNI (2009) PENGARUH KEMANDIRIAN SISWA DALAM MENGERJAKAN TUGAS DAN PERSEPSI SISWA TENTANG GURU DALAM MENGAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 SIMO TAHUN AJARAN 2008 / 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210050096.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF
A210050096.pdf

Download (25kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mengetahui pengaruh kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas terhadap prestasi belajar akuntansi siswa, 2) Mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa, dan 3) Mengetahui pengaruh kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dan persepsi siswa tentang guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simo tahun ajaran 2008/2009. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Simo tahun ajaran 2008/2009 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 120 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 92 siswa dengan teknik proportional random sampling. Data kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dan persepsi siswa tentang guru dalam mengajar diperoleh melalui angket. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2 , serta Sumbangan Relatif dan Efektif. Hasil analisis menunjukkan bahwa kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dan persepsi siswa tentang guru dalam mengajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Persamaan regresi diperoleh : Y = 46,416 + 1,392X1 + 0,982X2. Uji regresi diperoleh Fhitung > Ftabel atau 69,080 > 3,15 (taraf signifikansi 5%) berarti antara kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dan persepsi siswa tentang guru dalam mengajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Uji t untuk variabel kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas diperoleh thitung > ttabel atau 7,792 > 1,980 dan untuk variabel persepsi siswa tentang guru dalam mengajar diperoleh thitung > ttabel atau 6,042 > 1,980 (taraf signifikansi 5%). Kedua variabel tersebut secara signifikan mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Simo. Koefisien Determinasi (R²) sebesar 0,608 ini menunjukkan bahwa variabel kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas dan persepsi siswa tentang guru dalam mengajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 60,8%. Sedangkan sisanya sebesar 39,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Besarnya Sumbangan Relaif untuk variabel X1 sebesar 59,6%, untuk X2 sebesar 40,4% dan besarnya Sumbangan Efektif untuk X1 sebesar 36,3% dan untuk X2 sebesar 24,5%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian siswa dalam mengerjakan tugas, persepsi siswa tentang guru dalam mengajar, dan prestasi belajar akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2010 06:53
Last Modified: 16 Apr 2011 04:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5706

Actions (login required)

View Item View Item