UMS ETD-db

ARUS BOCOR BAHAN ISOLASI RESIN EPOKSI BERPENGISI HI - TEMP RED SILICONE RUBBER DAN ABU SEKAM PADI PADA KONDISI PENUAAN DIPERCEPAT

Prasetya , Kresna Eka (2008) ARUS BOCOR BAHAN ISOLASI RESIN EPOKSI BERPENGISI HI - TEMP RED SILICONE RUBBER DAN ABU SEKAM PADI PADA KONDISI PENUAAN DIPERCEPAT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

1MB

Abstract

Isolator adalah alat yang berfungsi sebagai isolasi dan pemegang mekanis dari perlengkapan atau penghantar yang dikenai beda potensial. Jika isolator gagal dalam kegunaannya memisahkan antara dua saluran maupun saluran dengan pentanahan maka penyaluran energi tersebut akan gagal atau tidak optimal. Pengaruh keadaan udara disekitarnya dan polutan yang menempel pada permukaan isolator yang menyebabkan permukaan isolator bersifat konduktif. Dalam menentukan sebuah isolator yang akan dibuat serta bagaimana unjuk kerjanya dalam melayani suatu sistem tenaga listrik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan yaitu, sifat-sifat dari kandungan material sebagai bahan dasar untuk membuat isolator, kemampuannya pada cuaca buruk, keadaan saat terkontaminasi serta pertimbangan masalah biaya produksi. Tugas akhir ini mempelajari tentang bagaimana hubungan antara lama penyinaran UV terhadap arus bocor dan hubungan antara komposisi filer terhadap arus bocor. Bahan isolasi terkontaminasi polutan industri buatan meniru kondisi industri semen gresik. Data diperoleh dari pengujian 0.5 flaashover dan nilai konduktifitas. Sampel uji yang digunakan berbentuk persegi dengan ukuran 70 x 70 mm dengan ketebalan 5 mm dengan bahan utama Diglycidyl Ether of Bisphenol A dengan pengeras Metaphenylene – Diamine (MPDA) dengan bahan pengisi (filler) berupa red silicone rubber dan adu sekam padi yang komposisinya dibuat antara 10% - 40% serta lama penyinaran UV dibuat bervariasi dari 0 jam sampai 96 jam. Polutan yang dipakai untuk penelitian ini adalah polutan industri buatan daerah gresik.Langkah kerja dari pengujian adalah sebagai berikut : (1) Persiapan alat dan bahan (2) Pembuatan bahan uji (3) pemberian perlakuan yaitu: penyemprootan polutan dan pemberian UV (4) Pengujian arus bocor (5) Perhitungan ESDD yang meliputi pengukuran dan perhitungan konduktivitasnya. Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini menunjukan bahwa: pertama peningkatan lama penuaan oleh UV pada bahan isolasi polimer resin epoksi berpengisi red silicone rubber dan abu sekam padi memberikan pengaruh yang cenderung naik.kedua kenaikan kadar filler terhadap arus bocor tidak memberikan pengaruh kenaikan atau penurunan nilai arus bocor.

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:D400030037
Uncontrolled Keywords:Arus Bocor, ESDD, Polutan, DGEBA, MPDA, Filler
Subjects:T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions:Fakultas Teknik > Teknik Elektro
ID Code:570
Deposited By: Ari Fatmawati
Deposited On:15 Oct 2008 03:29
Last Modified:21 Feb 2011 05:23

Repository Staff Only: item control page