ANALISIS KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN EKONOMI SMP NEGERI KECAMATAN MOJOLABAN KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2008/2009

PALUPI, WAHYU RATNA (2009) ANALISIS KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN EKONOMI SMP NEGERI KECAMATAN MOJOLABAN KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
A210040119.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img]
Preview
PDF
A210040119.pdf

Download (62kB)

Abstract

ANALISIS KOMPETENSI GURU MATA PELAJARAN EKONOMI SMP NEGERI KECAMATAN MOJOLABAN KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2008/2009 Wahyu Ratna Palupi, A.210 040 119, Jurusan Pendidikan Ekonomi Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2009, 78 Halaman.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru mata pelajaran Ekonomi SMP Negeri Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo tahun pelajaran 2008/2009. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilakukan di SMP Negeri Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo pada bulan Juni sampai Juli 2009. Subyek penelitian adalah pelaku yang diteliti yaitu seluruh guru Mata Pelajaran Ekonomi SMP Negeri Kecamatan Mojolaban Kabupaten Sukoharjo tahun 2008/2009, sebanyak 20 guru. Sumber data dalam penelitian berupa data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan datanya adalah angket, wawancara, dan dokumentasi. Data tentang kompetensi profesional guru diambil dengan metode angket tertutup. Data tentang kompetensi profesional guru mata pelajaran ekonomi dari sisi atasan dan peserta didik diambil melalui wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik penskoran yang diubah ke dalam bentuk kategori. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah: (1) Pada hasil kuesioner kompetensi profesional guru terhadap penguasaan materi pengajaran responden menyatakan selalu melakukan pemilihan bahan pembelajaran sesuai dengan tujuan; (2) Pada indikator pengelolaan program belajar yaitu nomer 6, 1, 12 dan 14 rata-rata guru menyatakan selalu. Artinya, guru mata pelajaran ekonomi selalu melakukan pengelolaan program belajar mengajar. Sedangkan pada indikator pengelolaan kelas, media, interaksi belajar, penilaian prestasi siswa, mengenal penyelenggaraan administrasi sekolah dan prinsip-prinsip penelitian jawaban responden antara selalu dan sering; (3) Pada temuan hasil kuesioner tersebut dinyatakan bahwa kompetensi profesional guru mata pelajaran ekonomi sudah berjalan dengan lancar; (4) Kelebihan kompetensi professional guru mata pelajaran ekonomi adalah metode pembelajaran yang diterapkan dapat berjalan efisien dan efektif karena dengan kompetensi profesional guru dapat mengungkapkan kualitas pendidikan mulai dari meteri ajar, strategi pembelajaran, pengelolaan kelas, penilaian dan tindak lanjut; dan (5) Kelemahan kompetensi profesional guru ekonomi adalah memerlukan persiapan yang tidak sedikit, guru harus benar-benar dalam kondisi siap baik keterampilan maupun bahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Kompetensi Profesional Guru
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Budiman Budiman
Date Deposited: 19 Jan 2010 07:30
Last Modified: 15 Nov 2010 19:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5684

Actions (login required)

View Item View Item