DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA WACANA IKLAN MAJALAH KAWANKU EDISI JANUARI – MARET 2009

JAYANTI, FITRI DWI (2009) DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA WACANA IKLAN MAJALAH KAWANKU EDISI JANUARI – MARET 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310050072.PDF

Download (171kB)
[img] PDF
A310050072.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk pemakaian diksi dan mendeskripsikan bentuk pemakaian gaya bahasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah wacana iklan majalah Kawanku edisi Januari-Maret 2009. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dilanjutkan dengan teknik catat. Analisis data menggunakan metode agih, yaitu metode analisis data yang alat penentunya berasal dari bahasa yang bersangkutan itu sendiri. Meliputi pemakaian kata tutur; pemakaian indria berupa bentuk indria peraba, indria penglihatan, dan indria penciuman; pemakaian istilah asing; dan pemakaian makna kata berupa makna konotasi. Sedangkan gaya bahasa meliputi gaya bahasa berdasarkan nada berupa gaya mulia dan bertenaga, gaya menengah; berdasarkan struktur kalimat berupa pararel, antitesis, dan repetisi yang terdiri dari repetisi epizeuksis, epistrofa, dan mesodiplosis; berdasarkan langsung tidaknya makna berupa gaya retoris dengan jenis hiperbola.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Diksi, Gaya Bahasa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 13 Jan 2010 08:47
Last Modified: 21 Apr 2011 04:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5659

Actions (login required)

View Item View Item