REALISASI KESANTUNAN BERBAHASA DI KALANGAN MAHASISWA DALAM BERINTERAKSI DENGAN DOSEN DAN KARYAWAN

NARYANTI, AMRI (2009) REALISASI KESANTUNAN BERBAHASA DI KALANGAN MAHASISWA DALAM BERINTERAKSI DENGAN DOSEN DAN KARYAWAN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A310050045.PDF

Download (47kB)
[img] PDF
A310050045.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (356kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan bentuk kesantunan berbahasa, mendeskripsikan penyimpangan-penyimpangan prinsip kesopanan, dan merumuskan skala kesantunan berbahasa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan teknik rekam dilanjutkan dengan teknik catat. Analisis data menggunakan metode analisis cara-tujuan, yaitu mendasarkan, mengidentifikasi, dan mengaitkan strategi atau cara yang digunakan penutur dalam menyampaikan maksud kepada mitra tutur, sehingga mencapai tujuan seprti yang diharapkan penutur dengan mentaati prinsip-prinsip kesantunan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: Pertama, bentuk kesantunan berbahasa mahasiswa meliputi (1) Kesantunan dalam memohon berupa, (a) Kesantunan memohon, dan (b) Kesantunan meminta; (2) Kesantunan dalam mengajak berupa, (a) Kesantunan mengajak, (b) Kesantunan membujuk, dan (c) Kesantunan mendesak; (3) Kesantunan dalam menyilakan; dan (4) Kesantunan dalam menolak. Kedua, Penyimpangan prinsip kesopanan meliputi (1) Penyimpangan terhadap maksim kebijaksanaan, (2) Penyimpangan terhadap maksim permufakatan, dan (3) Penyimpangan terhadap maksim kedermawanan. Ketiga, skala kesantunan berbahasa di rumuskan dengan tiga tipe tuturan. Berikut tingkat kesantunan tersebut secara berurutan, dari tipe tuturan yang paling santun sampai dengan tuturan yang paling kurang santun (1) Tipe tuturan dengan rumusan pernyataan permintaan sebanyak 75 %, (2) Tipe tuturan dengan rumusan pernyataan keinginan sebanyak 14,29 %, dan (3) Tipe tuturan dengan rumusan pernyataan keharusan sebanyak 10,71 %. Dari ketiga peringkat tersebut dapat diklasifikasikan menjadi subperingkat. Peringkat I terdapat tiga subperingkat, peringkat II terdapat dua subperingkat, peringkat III terdapat satu peringkat.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: prinsip kesopanan, kesantunan berbahasa, maksim.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 13 Jan 2010 08:33
Last Modified: 13 Nov 2010 04:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5655

Actions (login required)

View Item View Item