EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009

NURJANAH, NURJANAH (2009) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 5 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420050097.PDF

Download (57kB)
[img] PDF
A420050097.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Hasil pengamatan pada pembelajaran biologi menunjukkan bahwa guru belum menggunakan metode pembelajaran yang membuat siswa banyak beraktivitas. Ini terlihat masih rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran, dan hasil belajar yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran menggunakan role playing dalam meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009. Penelitian ini mengambil lokasi di kelas VII F SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah dengan cara mengumpulkan data dari setiap akhir pertemuan yaitu dari aspek kognitif dan afektif selama proses pembelajaran. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan cara deskriptif kualitatif yaitu data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III dan setiap siklus ada 6 tahapan yaitu dialog awal, perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi atau monitoring, refleksi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa sebelum pelaksanaan tindakan didapatkan nilai rata-rata 4,52 dan rata-rata pada siklus I meningkat sebesar 5, rata-rata siklus II meningkat sebesar 6,05 dan rata-rata siklus III meningkat sebesar 7,13 menunjukkan setelah dilakukan pemberian materi dengan metode role playing berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: dengan menggunakan metode role playing dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII F SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2008/2009

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: role playing, hasil belajar biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 12 Jan 2010 08:18
Last Modified: 13 Nov 2010 04:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5609

Actions (login required)

View Item View Item