PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN KEPADATAN PENDUDUK SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009

SUPRASETYO, ARINOTO (2009) PENERAPAN PENDEKATAN KOOPERATIF MODEL NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA POKOK BAHASAN KEPADATAN PENDUDUK SISWA KELAS VII A SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420050091.PDF

Download (47kB)
[img] PDF
A420050091.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan banyak strategi pembelajaran. Untuk meningkatkan hasil belajar, guru dapat menggunakan PTK. Di SMP Muhammadiyah 1 Klaten hasil belajar belum semuanya maksimal.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran NHT pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Klaten tahun ajaran 2008/2009. Data hasil belajar Biologi diambil dengan menggunakan tes, observasi baik dengan lembar penilaian maupun catatan lapangan. Analisis data dari penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif, yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai siklus III yang dilengkapi dengan analisis regresi linier. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Untuk nilai afektif pada siklus pertama adalah 2,9(kurang baik), siklus kedua adalah 3,5 (baik) dan siklus yang ketiga adalah 4,4 (sangat baik). Pada siklus III terdapat peningkatan nilai afektif sebesar 1,5 dari nilai siklus 1.Sebelum tindakan didapat rata-rata hasil belajar siswa sebesar 5,7 dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 6,6 rata-rata siklus II meningkat menjadi 7,1 dan siklus III meningkat menjadi 7,7.Berdasarkan perhitungan regresi linier menunjukkan bahwa setelah penerapan strategi NHT pada pembelajaran berpengaruh positif terhadap peningkatan nilai awal siswa sebesar 0,24 point atau 24%. Siswa putra mendapatkan afektif yang baik yaitu 1,62. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan NHT meningkatkan hasil belajar Biologi siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 1 Klaten tahun ajaran 2007/2008 0,24 point atau 24%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi NHT, proses dan hasil belajar Biologi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 12 Jan 2010 08:13
Last Modified: 25 Oct 2011 06:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5608

Actions (login required)

View Item View Item