INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI TAHUN AJARAN 2008/2009

MASRUKHAN, MASRUKHAN (2009) INOVASI PEMBELAJARAN DENGAN PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT UNTUK PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI MELALUI METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DI SMA MUHAMMADIYAH PURWODADI TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A420050012.PDF

Download (134kB)
[img] PDF
A420050012.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (882kB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dengan penggunaan media PowerPoint melalui metode Student Team Achiement Divisions (STAD) pada materi sistem saraf manusia dapat meningkatkan penguasaan konsep biologi siswa di kelas XI IPA 2 semester genap SMA Muhammadiyah Purwodadi tahun pelajaran 2008/2009. Berdasarkan tujuan penelitian, maka jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Kelas yang digunakan adalah kelas XI IPA 2 di SMA Muhammadiyah Purwodadi. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus pembelajaran. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan catatan lapangan (dokumentasi). Data yang diperoleh disajikan dalam bentuk deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 6,61 atau meningkat sebesar 0,5 dari nilai awal dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,58; ranah afektif = 30,57 (termasuk kategori cukup berminat) dengan standar deviasi (SD) sebesar 4,08). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 7,39 atau meningkat sebesar 0,78 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,68; ranah afektif = 40,32 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 9,75 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 2,57). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif = 8,20 atau meningkat sebesar 0,81 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,78; ranah afektif = 43,66 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 3,34 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 2,42) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan penggunaan media PowerPoint melalui metode Student Team Achiement Divisions (STAD) dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 2 SMA Muhammadiyah Purwodadi Tahun Ajaran 2008/2009

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media PowerPoint, metode Student Team Achiement Divisions (STAD), hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 12 Jan 2010 08:06
Last Modified: 13 Nov 2010 04:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/5606

Actions (login required)

View Item View Item