UMS ETD-db

PENGARUH PELIMPAHAN WEWENANG DAN MOTIVASI TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DENGAN KINERJA MANAJERIAL (Survey pada Lembaga Keuangan di Kabupaten Sragen)

Prabowo , Anggun Dwi (2008) PENGARUH PELIMPAHAN WEWENANG DAN MOTIVASI TERHADAP HUBUNGAN ANTARA PARTISIPASI PENYUSUNAN ANGGARAN DENGAN KINERJA MANAJERIAL (Survey pada Lembaga Keuangan di Kabupaten Sragen). Skripsi thesis, Universitras Muhammadiyah Surakarta.

TAMPILKAN FULLTEXT

[img] PDF
Restricted to Repository staff only

765kB

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji sejauh mana pelimpahan wewenang dan motivasi berfungsi sebagai variabel moderating mempengaruhi hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial dan Untuk memperjelas beberapa faktor kontijensi yang mempengaruhi hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial. Faktor kontinjensi yang dibahas dalam penelitian ini meliputi pelimpahan wewenang dan motivasi. Populasi dalam penelitian ini, adalah seluruh manajer menengah (kepala bagian) perusahaan jasa perbankkan di wilayah Kabupaten Sragen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah manajer menengah (kepala bagian) yang bekerja perusahaan jasa perbankan di wilayah Kabupaten Sragen sebanyak 64 responden. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji t dan uji F. Pelimpahan wewenang berpengaruh terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial. Hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas t hitung untuk variabel interaksi antara partisipasi penyusunan anggaran dengan pelimpahan wewenang sebesar 0,043 (p < 0,05). Hipotesis pertama yang menyatakan bahwa pelimpahan pelimpahan wewenang berpengaruh terhadap hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial, terbukti kebenarannya. Motivasi memberikan pengaruh positif dalam hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja manajerial. Hal ini ditunjukkan oleh nilai probabilitas t hitung untuk variabel interaksi antara partisipasi penyusunan anggaran dengan motivasi sebesar 0,046 (p < 0,05). Jadi Hipotesis kedua yang menyatakan bahwa motivasi berpengaruh terhadap hubungan antara partisipasi penyusunan anggaran dengan kinerja manajerial, terbukti kebenarannya.

Item Type:Karya Ilmiah (Skripsi)
ID Number:B200030204
Additional Information:RAK B200-183
Uncontrolled Keywords:pelimpahan wewenang, motivasi, partisipasi penyusunan anggaran dan kinerja manajerial
Subjects:H Social Sciences > HG Finance
Divisions:Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
ID Code:56
Deposited By: Ari Fatmawati
Deposited On:02 Jul 2008 03:05
Last Modified:22 Dec 2010 04:14

Repository Staff Only: item control page